DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 20:31 WIB

Sistem Satu Arah di Melawai Diuji Coba Mulai Besok

Mei Amelia R - detikNews
Sistem Satu Arah di Melawai Diuji Coba Mulai Besok SSA diberlakukan mulai Taman Ayodya hingga traffic light Monalisa. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan akan melakukan uji coba sistem satu arah (SSA) di sepanjang Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. SSA diberlakukan mulai Taman Ayodya hingga traffic light (TL) Monalisa.

"Untuk rencana SSA di Melawai, dimulai dari Taman Ayodya menuju TL Monalisa, kemudian nyambung dari TL Monalisa sampai TL PTIK, Jl Iskandarsyah sudah diberlakukan SSA sejak lama, kecuali Metromini," terang Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Senin (23/10/2017).
Sistem Satu Arah di Melawai Diuji Coba Mulai BesokSSA diberlakukan mulai Taman Ayodya hingga ke traffic light Monalisa. (Foto: dok. Istimewa)

Budiyanto mengatakan SSA di Melawai diuji coba selama sepekan. "Uji coba mulai besok tanggal 24 Oktober sampai 31 Oktober 2017," imbuhnya.

Budiyanto menjelaskan pengaturan SSA di Melawai ini dilakukan untuk mendukung dan menyukseskan perhelatan olahraga internasional Asian Games pada 2019. Kawasan Melawai akan dijadikan salah satu lokasi tujuan wisata kuliner dan pusat perbelanjaan bagi para atlet.

"Serta untuk meningkatkan kembali kinerja ruas Jalan Melawai sebagai kawasan tertib lalu lintas di tingkat Kota Jakarta Selatan," tuturnya.

Menyikapi hal ini, Sudinhub Jakarta Selatan dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggencarkan operasi hingga pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas, yang salah satunya dilakukan dengan pengaturan sistem satu arah.

Berikut ini rekayasa lalu lintas di kawasan Melawai terkait dengan dilakukannya uji coba sistem satu arah tersebut.

A. Jl Melawai diberlakukan satu arah.

B. Kendaraan yang akan menuju Gandaria dari arah Jl Iskandarsyah Raya bisa melalui Jl Wijaya II-Jl Wijaya 13-Jl Barito II atay melalui Jl Trunojoyo-Jl Kiai Maja-Jl Baruto I.

C. Jl Iskandarsyah Raya, Jl Wijaya, Jl Barito I, Jl Barito II, Jl Panglima Polim Raya tetap berlaku dua arah.

D. Untuk angkutan umum Metromini S-69, S-70, S.71, S-74, S-611, dan Kopaja S-608, S-609, S-613 yang melewati Jl Melawai berputar melalui Jl Trunojoyo-Jl Kiai Maja.

E. Angkutan umum Metromini S-72 dan S-610 yang melewati Jl Melawai berputar melalui Jl Sultan Hasanudin-Jl Panglima Polim Raya.
(mei/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed