Pelapor Viktor Laiskodat Disidang MKD, Ini Hasilnya

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 23 Okt 2017 19:35 WIB
Iwan Sumule (batik coklat). Foto: Gibran/detikcom
Jakarta - Pelapor Ketua F-NasDem Viktor Laiskodat, Iwan Sumule, disidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Pelaporan Viktor terkait pidato kontroversinya beberapa waktu lalu.

Iwan mengatakan MKD tengah memverifikasi laporannya. Beberapa pertanyaan turut diajukan dalam sidang.

"Dari hasil pertemuan kami dengan MKD, disampaikan bahwa yang mulia Majelis (Mahkamah) Kehormatan Dewan itu memverifikasi soal bukti laporan kami kepada MKD, yaitu bahwa apakah kemudian bukti laporan itu ditanyakan kepada kami dan kami sudah menjawab semua kepada yang mulia, ketua persidangan di MKD tadi," kata Iwan usai sidang di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/10/2017).


Iwan menjelaskan kelanjutan pelaporannya. Dia juga menyinggung soal kemungkinan Viktor disidangkan terkait pelanggaran kode etik anggota DPR.

"Satu hal yang pengin saya sampaikan bahwa sidang kode etik. Apakah sidang kode etik akan ditingkatkan kepada saudara Viktor Laiskodat di MKD? Itu menunggu pleno di MKD," terang Iwan.

Iwan sempat menanyakan kemungkinan itu kepada MKD. Namun, salah seorang anggota MKD, yang dia lupa namanya, menyatakan sidang etik terhadap Viktor tergantung kelanjutan penyelidikan di institusi di luar DPR.

"Siapa, saya lupa namanya itu, menyatakan bahwa sidang terhadap Viktor Laiskodat akan menunggu keputusan inkrah, baru MKD akan menyidangkan saudara Viktor. Tapi itu yang saya tegaskan tadi, di akhir sebelum pertemuan kami dengan MKD itu, saya pertanyakan kepada pimpinan sidang di MKD, bahwa kenapa harus menunggu keputusan itu hukumnya menjadi inkrah karena ini kan dua hal yang berbeda," jelas dia.

"Bahwa, ada dua hal yang berbeda. Di MKD mengadili persoalan etik gitu loh, sementara di Bareskrim Polri itu mengadili soal proses pidananya," sebutnya. (gbr/tor)