DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 19:19 WIB

Top 5 News

Panglima TNI Ditolak Masuk AS, Marquez Menang di GP Australia

Mega Putra Ratya - detikNews
Panglima TNI Ditolak Masuk AS, Marquez Menang di GP Australia Foto: 20 Detik
Jakarta - Kabar tidak menyenangkan datang kepada militer Indonesia. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak saat hendak bertandang ke Amerika Serikat.

Belum jelas betul alasan AS menolak pucuk pimpinan TNI yang diundang untuk menghadiri Chiefs of Defence Conference on Country Violent Extremist Organizations (VEOs). Yang jelas, Gatot kecewa dengan sikap AS terhadap dirinya.

Dari dunia MotoGP, pebalap Repsol Honda Marc Marquez tampil sebagai pemenang. Marquez makin mantap di puncak klasemen pebalap dengan koleksi 269 poin.

Dia unggul 33 poin atas Dovizioso yang berada di posisi kedua. Dengan dua seri tersisa, Marquez bisa saja mengunci gelar di Malaysia pada akhir pekan depan.

Berikut sajian Top 5 News detikcom edisi Minggu (22/10/2017):

[Gambas:Video 20detik]



1. Panglima TNI Ditolak Masuk AS

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk Amerika Serikat. Padahal, tidak ada masalah dalam visa yang dipegang panglima dan rombongan saat pengurusan visa. Pihak AS menyebut ada persoalan internal. Sayangnya apa yang dimaksud persoalan internal ini tidak dijelaskan lebih rinci oleh Kedubes AS

Jenderal Gatot ke Amerika Serikat diundang hadir dalam acara Chiefs of Defence Conference on Country Violent Extremist Organizations (VEOs). Undangan itu dikirim oleh Jenderal Joseph F Duford dari AS.

Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kemlu Mohammad Anshor menyatakan penolakan disampaikan saat Gatot sudah berada di Bandara Cengkareng. Kemlu langsung bergerak setelah mendengar kabar Gatot ditolak masuk AS. Pagi tadi, Menlu mengontak Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan.


Baca: Ditolak Masuk AS, Panglima TNI Kecewa

2. Marquez Menang di GP Australia

Balapan MotoGP Australia berjalan seru dari awal hingga akhir. Pebalap Repsol Honda Marc Marquez akhirnya tampil sebagai pemenang, disusul Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Start dari pole position, Marquez menuntaskan balapan sepanjang 27 lap di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017), dalam waktu 40 menit 49,772 detik.

Rossi, yang sempat memimpin lomba dalam beberapa lap, akhirnya harus puas finis kedua. Posisi ketiga jadi milik Vinales, yang secara luar biasa melewati Johann Zarco di trek lurus menjelang garis finis.

Selengkapnya Baca: Berjaya di Phillip Island, Marquez: Luar Biasa!

3. Stiker Khusus Taksi Online

Aturan mengenai wajib berstriker tertuang dalam aturan baru hasil revisi Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek alias taksi online.

Salah satu poin berbunyi, kendaraan dilengkapi dengan tanda khusus berupa stiker yang ditempatkan di kaca depan kanan atas dan belakang serta di kanan dan kiri badan kendaraan dengan muatan informasi wilayah operasi, jangka waktu berlaku izin nama badan hukum dan latar belakang logo perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, aturan tersebut merupakan hal yang biasa. Bahkan banyak di negara maju seperti Inggris, Rusia dan Singapura sudah menerapkannya.

Menhub mengatakan aturan tersebut mengikat. Itu artinya akan ada tindakan jika taksi online tak mengikuti aturan kewajiban berstiker tersebut.

Baca selengkapnya : Wajibkan Taksi Online Pakai Stiker, Menhub: di Mana-mana Juga Sama

4. Wapres JK Umrah

Wapres Jusuf Kalla (JK) dan istri Mufidah Kalla menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah. JK dan rombongan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Sabtu (21/10/2017) sekitar pukul 19.00 waktu setempat. JK langsung ke Mekah menggunakan jalur darat.

Rencananya, JK akan berada di Mekah sampai hari Senin (23/10) pagi. Minggu (22/10) rencananya akan digunakan JK untuk beribadah di Masjidil Haram.

Selengkapnya baca: Wapres JK Tunaikan Ibadah Umrah

5. Desainer Biyan Raih Pia Awards 2017

Pia Alisjahbana Awards 2017 merupakan penghargaan bagi individu dan institusi yang bergerak di industri mode Tanah Air. Penghargaan itu bertepatan dengan Jakarta Fashion Week 2018.

Tahun ini, penghargaan untuk kategori individu diberikan kepada desainer Biyan. Diyan dinilai sebagai penggerak dan inovator selama 35 tahun berkarir di industri mode tanah air.

Sedangkan untuk kategori institusi, penghargaan diberikan kepada The Goods Group. The Goods Group dinilai dapat memajukan industri kreatif dan menjangkau kalangan muda.

Simak videonya: Desainer Biyan Raih Pia Awards 2017
(ega/nwy)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed