Anies Berharap Santri Bisa Berkiprah di Segala Bidang

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 22 Okt 2017 15:39 WIB
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Santri of The Year 2017. (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai penganugerahan Santri of The Year membuktikan bahwa santri terus berperan di Indonesia. Dia berharap santri bisa berkiprah di segala bidang.

"Ketika teman-teman membuat award di berbagai bidang membuktikan santri terus berperan ya di 1945, di 2017 dan di masa yang akan datang. Nah karena itu saya berharap juga penghargaan ini tak hanya berhenti di sini saja," kata Anies di Penghargaan Santri of the Year 2017, di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Anies menceritakan tentang peran kaum santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka ikut menghibahkan darah, air mata, bahkan nyawa untuk Republik Indonesia.

"Generasi orang tua kita dulu memilih untuk berjuang. Hari ini kita menikmati semuanya. Dulu mereka menghibahkan semuanya, darah, air mata, bahkan nyawa dihibahkan untuk republik ini. Saya rasa ini saatnya kita buktikan bahwa perjuangan mereka akan kita teruskan," ujar Anies.

Namun, menurut Anies, tantangan saat ini bukanlah tantangan untuk mengusir kolonialisme. Melainkan tantangannya agar para santri bisa berkiprah di segala bidang.

"Sekarang tantangannya bukan mengusir kolonialisme tantangannya bisa berkiprah di segala bidang," tuturnya.

Anies juga mengapresiasi penganugerahan Santri of The Year ini. Dia berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh keterlibatan lembaga pendidikan berbasis agama di segala bidang.

"Makanya saya sampaikan saya senang pemberian santri award ini pada berbagai bidang, di pemerintahan inilah insyaallah menjadi motivator bagi para santri. Jadi saya apresiasi. Dan insyaallah kita dengan semangat ini bisa menjaga agar Indonesia terus menjadi contoh bahwa keterlibatan lembaga pendidikan berbasis pendidikan agama terlibat di masyarakat di semua bidang," ujar Anies.

Hadir juga dalam acara penganugerahan Santri of The Year 2017 itu Menristek Dikti Mochamad Nasir, anggota DPR RI Jazilul Fawaid, Sekjen PBNU Helmi Faisal.

(idh/idh)