DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 05:22 WIB

Laporan Dari Mekah

Tiba di Mekah, Wapres JK Tunaikan Ibadah Umrah

Andhika Prasetia - detikNews
Tiba di Mekah, Wapres JK Tunaikan Ibadah Umrah Foto: Jusuf Kalla Menunaikan Ibadah Umrah (Andhika Prasetia/detikcom).
Mekah - Wapres Jusuf Kalla (JK) beserta rombongan menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah. JK menunaikan umrah setibanya dari Madinah.

JK dan rombongan sudah mengenakan pakaian ihram dari Madinah. Sedangkan miqat atau batas tertentu untuk niat ihram dilakukan di udara karena rombongan ke Mekah dengan pesawat.

[Gambas:Video 20detik]

JK dan rombongan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Sabtu (21/10/2017) sekitar pukul 19.00 waktu setempat. JK langsung ke Mekah menggunakan jalur darat.

Setelah menaruh barang di Makkah Guest Palace, dimulailah ibadah umrah di Masjidil Haram sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Rombongan langsung ke Kakbah untuk salat jamak Magrib dan Isya lalu tawaf sebanyak tujuh putaran.

Suasana di Masjidil Haram ramai oleh jemaah dari berbagai belahan dunia. Seperti biasa, sisi bagian hajar aswat menjadi tempat para jemaah berebutan untuk menyentuhnya. JK juga berkesempatan untuk menyentuh hajar aswat.

Tiba di Mekah, Wapres JK Tunaikan Ibadah UmrahFoto: Wapres Jusuf Kalla Melaksanakan Ibadah Umrah (Andhika Prasetia/detikcom)

Seusai tawaf, JK langsung salat sunah 2 rakaat dan dilanjutkan ke Bukit Safa dan Marwah untuk melakukan sai atau lari-lari kecil sepanjang tujuh putaran. Dulunya, Siti Hajar bolak-balik ke dua bukit ini guna mencari air bagi putranya, Nabi Ismail A.S.

Tibalah prosesi akhir ibadah umrah, yakni tahalul atau mencukur rambut. JK memotong helai rambut istri Mufidah Kalla dan Wakapolri Komjen Syafruddin. Seusai tahalul, ibadah umrah selesai pukul 23.00 waktu setempat atau pukul 04.00 WIB dan rombongan kembali ke tempat peristirahatan.

Rencananya, JK akan berada di Mekah sampai hari Senin (23/10) pagi. Hari Minggu (22/10) rencananya akan digunakan JK untuk beribadah di Masjidil Haram.
(dkp/adf)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed