DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 02:34 WIB

Soal Pembentukan Densus Tipikor, Ketua MPR: Perkuat KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Soal Pembentukan Densus Tipikor, Ketua MPR: Perkuat KPK Foto: Ketua MPR Zulkifli Hasan (Dok. MPR)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan buka suara terkait pendapatnya soal pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Dia mengajak agar KPK dikuatkan.

"Densus Tipikor menurut pendapat saya, mari kita memperkuat KPK. Jaksa, Polri kan sudah punya tugas masing-masing. Dan sekarang saatnya kita memperkuat KPK," tegas Zulkifli ditemui di The Kasablanka, Sabtu (21/10/2017).

Walau menyimpan pesan tersirat, Ketua Umum PAN ini tidak ingin pernyataannya ditafsirkan macam-macam. Dia hanya menekankan bahwa 2 lembaga pemberantas korupsi selain KPK, sudah punya kewenangan spesifik dalam menjalankan fungsi tersebut.

"Nggak pakai diartikan (pernyataan saya). Masih kita perkuat KPK. Polri sudah punya tugas, jaksa sudah punya tugas, kita perkuat KPK. Itu saja. Nggak pakai tanggapan lain. Itu saja pernyataan saya," ujarnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mematangkan pembentukan Densus Tipikor dengan menjelaskan soal struktur dan anggarannya di muka Komisi III DPR. Ada 2 konsep yang diajukan yaitu dibuat lembaga satu atap dengan Kejaksaan lalu dipilih pemimpin dari Polri, Kejaksaan, serta BPK.

Sementara yang kedua dengan konsep mirip Densus 88 Antiteror. Dengan konsep itu, Tito menyebut nantinya Densus Tipikor terdiri dari Polri dan Kejagung, namun kantornya di masing-masing institusi.
(nif/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed