DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 00:23 WIB

Fadli Zon: Kenapa Batu Akik Tak Dipakai Cendera Mata Asian Games?

Hakim Ghani - detikNews
Fadli Zon: Kenapa Batu Akik Tak Dipakai Cendera Mata Asian Games? Foto: Fadli Zon Lihat Pembuatan Batu Akik (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon melihat langsung proses pembuatan batu akik di Garut. Fadli menyebut batu akik sebagai produk unggul Indonesia.

Fadli mengunjungi sentra pembuatan batu akik di Lasminingrat Gemstone di Jalan Pataruman, Tarogong Kidul, Garut.

"Batu akik Garut ini punya keindahan, punya beragam bentuk dan saya kira sudah terkenal," kata Fadli kepada wartawan, Sabtu (21/10/2017).

"Tinggal bagaimana mengangkat kembali ini sebagai bagian dari produk Indonesia yang unggul," imbuhnya.

Dia sempat menengok proses pemotongan bongkahan batu hingga proses penggosokan batu dilihatnya secara langsung. Setelahnya, Fadli langsung melihat-lihat batu akik yang telah jadi. Ia pun terpincut dan membeli 4 cincin batu akik berjenis pancawarna dan tembaga garut yang harganya ditaksir jutaan rupiah.

Fadli Zon beli beberapa batu akikFadli Zon beli beberapa batu akik Foto: Fadli Zon Lihat Pembuatan Batu Akik (Hakim Ghani/detikcom)

Fadli sempat menyebut seharusnya batu akik menjadi cendera mata saat Asian Games 2018. "Saya sangat mendukung sekali. Waktu itu pernah digunakan juga untuk ulang tahun Asia Afrika yang ke-60. Kenapa tidak digunakan untuk kegiatan Asian Games. Nanti coba saya sampaikan sama menterinya," kata Fadli.

Selain mengunjungi sentra pengolahan batu akik, Fadli juga mendatangi kawasan peternakan domba garut di wilayah Tarogong Kaler. Fadli juga berkunjung ke Stikes Karsa Husada di Kecamatan Tarogong Kidul untuk memberikan kuliah umum.
(dhn/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed