DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 23:16 WIB

Cerita Polisi Buka Jalur One Way Puncak Tolong Ibu Hamil

Aditya Mardiastuti - detikNews
Cerita Polisi Buka Jalur One Way Puncak Tolong Ibu Hamil Foto: dok. Satlantas Polres Bogor
Jakarta - Kawasan Puncak, Bogor, siang tadi mengalami kemacetan parah hingga jalur diterapkan one way atau satu arah. Namun, ada kejadian ketika seorang ibu hamil yang terjebak macet.

"Pada saat one way berjalan telah tiba keluarga ibu-ibu yang akan melahirkan di jalur Puncak. Anggota kepolisian membuka jalan dan memberi prioritas kepada ibu-ibu tersebut untuk dibawa menuju RSUD Ciawi," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama kepada wartawan, Sabtu (21/10/2017).

Hasby mengatakan ada 2 polisi lalu lintas (polantas) Polres Bogor siaga membuka jalur one way untuk ibu tersebut. Dia menambahkan peristiwa itu terjadi pukul 13.00 WIB ketika polisi masih memberlakukan sistem one way ke arah atas, padahal si ibu itu hendak menuju Bogor.

"Untuk membuka arus cukup berat karena harus melawan arus one way, namun prioritas kepada ibu-ibu yang melahirkan harus tetap dilaksanakan," kata Hasby.

Akhirnya 2 polantas pun melawan arus one way untuk mengawal ibu itu ke RSUD Ciawi. "Bripka Heru dan Brigadir Ahmad Fauzi mengawal dengan menggunakan roda 2 menuju rumah sakit RSUD Ciawi," kata Hasby.

Hasby menambahkan polisi sesuai SOP membantu ibu melahirkan dibenarkan untuk melawan arus. Tak hanya itu ada tiga pengecualian lain yang membenarkan polisi melakukan pengawalan sekaligus melawan arus lalu lintas.

"Untuk pengawalan sendiri jika melawan arus hanya 3 yang kita prioritaskan ibu melahirkan, orang sakit, dan mobil jenazah. Tiga hal itu yang dihadapi kepolisian Puncak dan harus wajib dibantu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, jalur Ciawi menuju Simpang Gadog siang tadi dipadati kendaraan. Untuk mengatasi kepadatan kendaraan, polisi sudah memberlakukan sistem satu arah atau one way dari Jakarta menuju Puncak.

Kepadatan itu juga disebabkan ada aktivitas Pemda DKI di kawasan Gunung Mas, sehingga kepadatan kendaraan di kawasan tersebut tak terhindarkan.


(ams/adf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed