DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 18:30 WIB

Laporan Dari Madinah

Istana Didemo, JK: Mahasiswa Biasa Ambil dari Sisi yang Kurang

Andhika Prasetia - detikNews
Istana Didemo, JK: Mahasiswa Biasa Ambil dari Sisi yang Kurang Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Madinah - Massa mahasiswa berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, terkait dengan 3 tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK). Menurut JK, para demonstran cenderung tak melihat sisi positif yang dikerjakan pemerintah saat ini.

"Itu mahasiswa biasa mengambil banyak sisi yang kurang. Kadang-kadang tak mau mengerti sisi yang baik. Artinya, di mana pun selalu ada sisi yang kurang," ujar JK dalam perjalanan pesawat menuju Madinah, Arab Saudi, Sabtu (21/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]


JK mengatakan, di Amerika Serikat sekalipun, pasti akan ada demonstrasi. Ia pun meminta masyarakat tak hanya melihat dari sisi negatif saat ini.

"Di Amerika Serikat saja, walaupun negara maju, tapi begitu banyak kesalahan yang dibuat Trump, contohnya. Kita juga ada kekurangan-kekurangan, tapi jangan itu yang ditonjolkan. Kita fair-lah, bahwa ini yang baik dan ini yang kurang," terang JK.

JK pun mencontohkan hasil survei sebuah lembaga di mana 60 persen rakyat puas atas kinerja Jokowi-JK saat ini. Ia juga bersyukur massa tak melakukan aksi anarkistis saat berdemo.

"Kalau kita lihat survei di Kompas bahwa senang apa yang dicapai lebih dari 60 persen kan. Itu artinya masyarakat memahami perubahan-perubahan positif. Artinya, lebih dari 20 persen tak senang. Itu yang 20 persen demo, tak apa kita negara demokrasi ini. Alhamdulillah tak merusak, hanya menunggu tengah malam saja kan?" paparnya.

Sebelumnya, polisi masih memeriksa 14 demonstran yang ditangkap di depan Istana tadi malam. Ke-14 orang itu belum dipulangkan oleh kepolisian.

"Ada 14 pengunjuk rasa kita amankan. Kita bawa ke Polda Metro Jaya. Sampai saat ini sedang kita lakukan pemeriksaan belum selesai. Nanti batas waktu sampai 1x24 jam. Saat ini tim penyidik masih bekerja, biarkan penyidik bekerja memeriksa yang bersangkutan," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (21/10).
(dkp/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed