DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 16:58 WIB

Mendagri Ajak Pemuda untuk Berani Kritis

Meilika Asanti Wahyudi - detikNews
Mendagri Ajak Pemuda untuk Berani Kritis Mendagri Tjahjo Kumolo (Mei/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dalam semangat sumpah pemuda, mengimbau para pemuda, terutama mahasiswa, berani kritis dalam menyampaikan pendapat. Menurutnya, menjadi kritis sangat bermanfaat dalam pembangunan demokrasi di Indonesia.

"Seorang pemuda, mahasiswa, harus kritis. menyampaikan sekecil apa pun permasalahan di kampus, di lingkungan sekitar. Sampaikan dengan baik. Semua harus menerima untuk berdialog," kata Tjahjo dalam sambutan di acara Serial Sarasehan 'Indonesia Rumah Kita' Menyambut Sumpah Pemuda di Gedung Joang, Menteng, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2017) sore.

[Gambas:Video 20detik]


Dalam sambutannya, Tjahjo membawa pesan Presiden Indonesia pertama, Sukarno. "Bung Karno pernah mengatakan setiap orang harus punya impian, setiap orang harus punya imajinasi. Orang punya impian dan imajinasi, orang akan punya konsepsi. Orang yang punya konsepsi punya keberanian untuk melangkah," kata Tjahjo.

Kepada para mahasiswa, Tjahjo juga mengimbau agar bisa kritis. Bahkan sistem yang dinilai kurang baik pun tidak boleh segan untuk disampaikan.

"Adik-adik mahasiswa harus kritis, jika ada kementerian yang salah, sampaikan," tegas dia.

Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi salah seorang tokoh yang dihadirkan dalam forum bersama perwakilan mahasiswa yang mengangkat topik.

Tidak hanya Mendagri, hadir pula beberapa tokoh lain. Di antaranya Akbar Tandjung, Adhiyaksa Dault, Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim, dan Wantimpres Drs Sidarto Danusubroto SH.
(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed