DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 15:28 WIB

Pilgub Jatim 2018

Khofifah Tampil Bareng Bupati Ipong di Ponorogo, Calon Wakilnya?

Budi Sugiharto - detikNews
Khofifah Tampil Bareng Bupati Ipong di Ponorogo, Calon Wakilnya? Mensos Khofifah Indar Parawanda bersama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (Dok. Istimewa)
Surabaya - Berjilbab merah dan berbusana hijau, Mensos Khofifah Indar Parawanda bersama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menghadiri tasyakuran 28 tahun Pesantren Putri Al Mawaddah. Terlihat kompak berdua, Ipong masuk bursa bakal cawagub Khofifah?

Nama Ipong memang santer disebut sebagai calon pasangan Khofifah, yang dicalonkan sebagai Gubernur Jatim pada Pilkada 2018. Ipong digadang-gadang oleh Partai NasDem, tapi namanya saat ini dikabarkan sengaja disimpan rapat.

Kedekatan Ipong dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh itu terlihat ketika Ipong menggelar pesta resepsi pernikahan putrinya, Mazaya Zhafarina Nur Islami, pada September lalu. Saat itu Surya Paloh dan sejumlah elite DPP dan DPW NasDem Jatim menumpang kereta api ke Madiun yang dilanjutkan dengan kendaraan darat ke resepsi pernikahan putri Ipong yang dipersunting Aldhino Prima, anggota Polri yang bertugas di Pekanbaru.

Saat ini, kiai Tim 17 sedang mempersiapkan 8 nama bakal calon wakil gubernur Khofifah. Kiai Tim 17 pun masih akan menyurvei nama tersebut sebelum memutuskan bakal pasangan Khofifah pada November mendatang. Meski begitu, Ketua Bapilu DPP NasDem Effendi Choirie atau Gus Choi memandang peristiwa Khofifah berdampingan dengan Ipong itu hal yang wajar.

"Bupati mendampingi menteri yang datang di daerahnya itu kan lumrah, biasa saja," jawab Gus Choi, yang juga koordinator pemenangan wilayah Jatim, saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/10/2017).

Namun siapa pun, kata dia, mempunyai hak politik yang sama. Hanya, urusan pasangan Khofifah pada pilgub menjadi wewenang penuh para kiai yang tergabung dalam Tim 17.

"Karena urusan wakil diserahkan para kiai, kami percaya beliau-beliau akan melakukan istikharah dan hasilnya insyaallah akan terbaik dan membawa kemaslahatan untuk umat di Jatim," jelasnya.

Partai NasDem sebagai salah satu pengusung, kata Gus Choi, akan menghormati pilihan para kiai.

"Partai-partai pengusung lainnya insyaallah juga akan menerima keputusan para kiai. Kita menghormati para kiai," ucap Gus Choi.

Saat ini bursa nama-nama bakal calon pasangan Khofifah di antaranya Ipong, Bupati Trenggalek Emil Dardak, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, dan Ketua PAN Jatim Masfuk.

[Gambas:Video 20detik]


(ugik/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed