DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 15:06 WIB

Berbekal Suket, 4 Ribu Orang Dapat e-KTP di TMII

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Berbekal Suket, 4 Ribu Orang Dapat e-KTP di TMII Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengganti sekitar 4 ribuan surat keterangan (suket) dengan e-KTP. Data itu diperoleh selama pelayanan pencetakan e-KTP pada 18-20 Oktober 2017 di kawasan TMII, Jakarta Timur.

"Sekitar 4 ribuan yang diganti jadi e-KTP, sekitar ya," ujar Dirjen Dukcapil Zuldan Arif Fakrulloh saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (21/10/2017).

Zuldan mengatakan awal pelayanan e-KTP di TMII hanya perekaman data. Sebetulnya stan Dukcapil tidak melakukan pencetakan.

"Ini berawal dari hoax yang isinya yang salah. Padahal dari dulu suket tidak otomatis dicetak, karena butuh penunggalan. Contoh kemarin dari 1.868 suket yang diterima, ada 78 yang tidak bisa dicetak, ada sekitar 1.790," ujar Zudan tanpa merinci seluruh data selama pelayanan di TMII.

[Gambas:Video 20detik]

Zuldan mengatakan, meski ada pelayanan e-KTP langsung oleh Kemendagri, kegiatan ini tidak menutup pelayanan di kelurahan maupun kecamatan.

"Ini hanya bonus menambah di hari kerja dari Kemendagri untuk membantu pelayanan di sekitarnya. Tetapi layanan di Bekasi, Depok, dan lain-lain tetap. Ini bonus, ekstra, tambahan," paparnya.

Zudan mengatakan, untuk mempercepat pencetakan e-KTP, Dirjen Dukcapil telah mendistribusikan ribuan blangko tiap bulan. Pihaknya akan menegur petugas di kelurahan maupun kecamatan yang memperlambat pencetakan.

"Nanti kami berikan teguran ke provinsinya masing-masing atau kabupaten maupun kota masing-masing yang masih mempersulit. Kita berikan pembinaan, mulai dari lisan sampai tertulis. Kalau perlu nanti dilakukan pembinaan khusus," katanya.
(edo/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed