DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 12:31 WIB

Ekspresi Warga Dapat e-KTP dari Sujud Syukur hingga Bersorak

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Ekspresi Warga Dapat e-KTP dari Sujud Syukur hingga Bersorak Warga gembira menerima cetakan e-KTP. (Edward Febriyatri/detikcom)
Jakarta - Kelelahan warga yang antre dalam pembuatan e-KTP berganti menjadi kegembiraan. Warga bersyukur dan merasa tenang setelah mengantongi e-KTP.

Pantauan detikcom, Sabtu (21/10/2017), ratusan warga antre untuk mengambil cetakan e-KTP di pameran Nusantara Ekspo dan forum di TMII. Antrean warga mengular hingga ke luar tenda Hall E.


Warga yang antre ini telah mengumpulkan surat keterangan (suket) sejak Jumat, 20 Oktober 2017. Antrean e-KTP digolongkan berdasarkan alfabet. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari pada 18-22 Oktober 2017.

Beragam ekspresi kegembiraan terpancar dari warga yang telah menerima cetakan e-KTP.


"Alhamdulillah, akhirnya dapat e-KTP," ujar Holis sambil sujud syukur.

Warga senang kini telah mengantongi identitas resmi.Warga senang kini telah mengantongi identitas resmi. (Edward Febriyatri/detikcom)

Teriakan Holis disambut sorak gembira warga lainnya. "Dari resi hingga ke proses sekarang sudah setahun. Ini prosesnya berat, saya harus ngantre panas-panasan dari pagi hingga pukul 12.00 WIB," ujar Holis.



Kegembiraan yang sama dirasakan Agung (35) dan Yanti (35). Pasutri ini telah antre dari pagi. Proses e-KTP didapatnya dari pengumpulan berkas, Kamis, 19 Oktober 2017.

"Bahagia, senang, dan gembira semua dicampur aduk karena kalau pakai resi, kami dipandang sebelah mata. Kalau punya e-KTP tenang," papar Agung.

Agung mengaku hampir satu tahun ini hidup tanpa identitas. Dia berharap ada perbaikan dari Kemendagri sehingga warga tidak perlu disusahkan seperti ini. "Jenuh, kegiatan paling membosankan menunggu, sudah berkali-kali ke kelurahan tapi selalu sama alasannya. Harus ada perbaikan nggak bisa seperti gini terus-terusan," ungkap Agung.
(aan/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed