DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 21:02 WIB

Luncurkan Buku, PPI Ceritakan Perjuangan Kuliah di Luar Negeri

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Luncurkan Buku, PPI Ceritakan Perjuangan Kuliah di Luar Negeri PPI Dunia meluncurkan buku berjudul 'Explore: 20 Kisah Perantau Ilmu'. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Perhimpunan Pelajar Indonesia Sedunia (PPI Dunia) meluncrukan buku terbarunya di Gramedia Depok, Jumat (20/10/2017). Buku ini berisi seputar cerita dari 20 penulis tentang perjuangan berkuliah di luar negeri.

"Jadi buku ini tentang kegagalan, misalnya dari apply kuliah dan lain-lain hingga bisa berhasil. Di buku ini diceritakan ada orang yang gagal dan berjuang untuk sukses. Ini bukan tentang bagaimana kita sukses, tapi bagaimana kegagalan menjadi sukses di mana kita bisa melewati kegagalan itu. Istilahnya berkawan dengan itu," kata salah satu penulis buku, Hatta Bagus Himawan, di Gramedia, Jl Margonda Raya, Kota Depok, Jumat (20/10/2017)

Kedua puluh penulis yang membagikan kisah inspiratifnya ini adalah mahasiswa Indonesia yang kuliah di berbagai negara. Beragam kisah ini dikemas dengan menarik dan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa yang bercita-cita berkuliah di luar negeri.

"Di buku itu ada tiga babak. Pertama tentang cara kita mendapatkan kuliah di luar negeri. Kedua, cara menjalani kuliahnya. Dan ketiga, apa yang kita lakukan di Indonesia setelah kuliah di sana. Jadi semua penulis setelah dari luar negeri pasti kembali ke Indonesia," kata Hatta.

Hatta mengatakan, di buku berjudul 'Explore: 20 Kisah Perantau Ilmu' itu, akan ditemukan berbagai cerita yang akan memotivasi para pembacanya. Salah satunya cerita dari penulis yang gagal dalam tes bahasa sebanyak 6 kali untuk kuliah di luar negeri.

Mahasiswa tersebut harus membayar Rp 3 juta untuk sekali tes. Berkat kegigihan, penulis tersebut dapat berkuliah di negara yang ia cita-citakan.

Peluncuran buku ini turut diikuti dengan kegiatan diskusi dengan tema 'Menggapai Mimpi Kuliah di Luar Negeri'. PPI menghadirkan empat narasumber yang sekaligus menjadi penulis buku, yaitu Zakiyah Eke (S2 Nutrition Epidemiology di Wageningen University & Research, Belanda), Ali Abdillah (S2 European Union Law di Leiden Law School, Belanda), Ulfa Ryn (Mobility Sofware Engineering), dan Adi Hersuni (S2 Material Science & Engineering di University of Birmingham, Inggris).
(jbr/jbr)
ppi
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed