DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 19:12 WIB

Fadli Zon Harap Densus Tipikor Tak Jadi Alat Politik

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Fadli Zon Harap Densus Tipikor Tak Jadi Alat Politik Foto: Fadli Zon (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR-RI Fadli Zon menilai pembentukan Desus Tipikor merupakan hal baik untuk memperkuat peran Polri. Menurutnya, pemberantasan korupsi menjadi tugas banyak pihak.

"Kita melihat bahwa ini dibutuhkan untuk memperkuat peran Polri dalam pemberantasan korupsi, ya saya kira bagus-bagus saja karena sebetulnya pemberantasan korupsi itu harusnya menjadi tugas dari banyak pihak, apalagi aparat penegak hukum seperti Polri," kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Fadli menginginkan pembentukan Densus Tipikor tidak dijadikan alat politik untuk melakukan suatu tindakan penekanan. Hal itu dinilai Fadli perlu dilakukan pengawasan.

"Yang menjadi catatan, saya harap ini jangan jadi alat politik, alat untuk melakukan kriminalisasi, alat untuk melakukan satu represi atas nama hukum atau dibuat-buat. Nanti kita harus awasi," ujar Fadli.



Dia juga menyebut Densus Tipikor tak akan tumpang tindih dengan KPK. Densus Tipikor akan bergerak lebih kepada pencegahan kasus korupsi.

"KPK kan orientasinya lebih pada penindakan dan OTT, kalau bisa Densus Tipikor ini lebih kepada pencegahan. Karena dengan adanya pemberantasan korupsi seperti sekarang kalau kita lihat perception indeks korupsi kita juga tidak turun, tidak ada perbaikan yang signifikan," pungkasnya.


(yas/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed