Ledakan dan Asap Membubung di Kemayoran, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Jumat, 20 Okt 2017 15:17 WIB
Latihan simulasi anggota Paspampres di Kemayoran, Jumat (20/10/2017) Foto: Dok. Polsek Kemayoran
Jakarta - Kepulan asap yang membubung di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, sempat dikira berasal dari ledakan. Tapi dipastikan kepulan asap itu bukan karena bom, melainkan latihan simulasi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kapolsek Kemayoran Kompol Muhamad Rosid mengatakan kegiatan latihan pengamanan VVIP oleh Paspampres itu digelar mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (20/10/2017). Latihan diikuti 130 anggota Paspampres.

"Kegiatan latihan PAM VVIP diselenggarakan oleh Paspampres dengan pelaku latihan PAM VVIP terpadu," kata Rosid dalam keterangan tertulis.

Para anggota Paspampres berlatih menghadapi kelompok teroris. Skenarionya, sekelompok teroris menghadang presiden yang menghadiri acara di JIExpo Kemayoran.

Dalam simulasi, diperagakan kontak tembak antara teroris dan Paspampres. Sedangkan ledakan yang terjadi di area latihan berasal dari dalam mobil teroris.

"Setelah disisir, dievakuasi di dalam mobil teroris masih tersimpan bom kemudian meledak. Kemudian mobil terbakar selanjutnya dipadamkan oleh pemadam kebakaran," sambung Rosid.

Sejumlah perlengkapan, seperti senjata api, digunakan dalam simulasi penanganan teroris. Kendaraan taktis dan mobil pemadam kebakaran juga ikut dalam simulasi. (fdn/fjp)