Setahun Tak Kunjung Jadi, Pria Ini Dapat E-KTP di TMII

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 20 Okt 2017 15:00 WIB
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuka pelayanan perekaman diri untuk pembuatan e-KTP di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun, pencetakan e-KTP juga dapat dilakukan bagi warga yang telah memegang surat keterangan (suket) memiliki barcode.

Seorang warga Lubang Buaya, Jakarta Timur bernama Muhammad Iskandar kini telah memiliki e-KTP. Dia telah hampir setahun menunggu e-KTP-nya jadi.


"Kurang lebih setahun belum jadi," ujar Iskandar di TMII, Jaktim, Jumat (20/10/2017).

Dia mengatakan telah datang ke TMII sejak Kamis (19/10) kemarin. Kemudian dia kembali datang untuk mengambil e-KTP miliknya.

Warga berkumpul di sekitar tenda menunggu nama mereka dipanggilWarga berkumpul di sekitar tenda menunggu nama mereka dipanggil (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)


Pantauan detikcom di tenda yang didirikan di dekat wahana Keong Mas, TMII, tampak waga berkumpul. Mereka menunggu namanya dipanggil petugas untuk mengambil e-KTP.

Petugas memanggil satu persatu nama warga. Giliran untuk Iskandar pun datang. Dia mengaku senang.

"Sekarang sudah jadi (e-KTP). Saya ngantrenya sih kemarin, ngambilnya sekarang. Ini kebanyakan daftarnya kemarin," jelas dia.


Warga lain asal Pondok Gede, Sofian ikut antre membuat e-KTP di TMII sejak pukul 08.00 WIB. Dia berharap pengorbanannya antre sejak pagi tak sia-sia. Dia mengaku sudah menunggu e-KTP-nya selama tiga tahun.

"Info bisa mempercepat untuk e-KTP soalnya sudah 3 tahun ini ngurus di kelurahan dan kecamatan belum jadi. Makanya ke sini," kata Sofian.

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/jbr)