DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 11:55 WIB

Kapolda Metro Imbau Massa Tertib Saat Demo 3 Tahun Jokowi-JK

Mei Amelia R - detikNews
Kapolda Metro Imbau Massa Tertib Saat Demo 3 Tahun Jokowi-JK Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz. (Kanavino-detikcom)
Jakarta - Massa gabungan dari elemen buruh dan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Istana Negara dan Patung Kuda. Polisi mengimbau peserta untuk menjaga ketertiban selama aksi.

"Saya imbau kepada teman-teman yang berunjuk rasa, ayo sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan Kota Jakarta ini. Siapa lagi yang akan menjaga Jakarta kalau bukan warga Jakarta sendiri," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada detikcom, Jumat (20/10/2017).




Idham menyampaikan, unjuk rasa dilindungi oleh Undang-Undang. Oleh karena itu, massa diimbau untuk melakukan unjuk rasa sesuai ketentuan yang berlaku dalam perundang-undangan tersebut.

"Unjuk rasa adalah hak setiap warga negara dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum, akan tetapi ada batasannya, sampai jam berapa berunjuk rasa," tutur Idham.

Mantan Kadensus 88 Polri ini juga mengimbau massa untuk tidak melakukan tindakan anarkis selama aksi berlangsung. Keamanan Jakarta merupakan tolok ukur keamanan di daerah lain.

"Saya berharap tidak ada tindakan anarkis, karena nanti dunia akan melihat Jakarta sebagai kota yang tidak aman, yang tentunya akan mempengaruhi kondisi perekonomian, tidak ada yang mau berinvestasi nanti," paparnya.

Polda Metro Jaya mengerahkan 11 ribu personel gabungan TNI-Polri. Personel disebar di titik aksi hingga di titik potensi kerawanan.

Jumlah peserta aksi diperkirakan mencapai 3.000 orang gabungan dari elemen buruh dan mahasiswa. Para peserta aksi membawa agenda tuntutan masing-masing dalam tema aksi mengkritisi 3 tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
(mei/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed