DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 11:52 WIB

Ada Layanan Rekam e-KTP di TMII, Tak Bisa Langsung Cetak

Aditya Mardiastuti - detikNews
Ada Layanan Rekam e-KTP di TMII, Tak Bisa Langsung Cetak Ilustrasi Perekaman e-KTP DKI Jakarta (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Kemendagri dan Pemprov DKI membuka layanan perekaman e-KTP di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Yang perlu diingat, layanan yang dibuka hanya perekaman dan tidak termasuk pencetakan e-KTP.

"Sebagai wujud nyata mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus sebagai langkah penerapan stelsel aktif pelayanan administrasi kependudukan, Pemprov DKI melalui Dinas Dukcapil membuka pelayanan rekam cetak KTP-el di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta," tulis Dukcapil dalam situs adminduk.kemendagri.go.id, seperti dikutip detikcom, Jumat (20/10/2017).

Dalam situs tersebut menyebutkan layanan itu berlangsung di stand Pelataran Parkir Teater Imax Keong Emas, TMII Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari pada tanggal 18 sampai 22 Oktober 2017. Stand rekam dan cetak KTP-el menempati Hall C nomor A sampai E.

[Gambas:Video 20detik]

Sementara dalam informasi yang beredar di media sosial atau WhatsApp grup adalah sebagai berikut:

Buat temen2 yg E-KTP nya belum jadi2 masih dalam bentuk surat keterangan, bisa cetak KTP langsung jadi di pameran KEMENDAGRI di Keong Mas TMII sampai hari minggu 22 oktober 2017. Barangkali ada keluarga, tetangga, temen dll yg udah lama KTP nya gak jadi2, cukup bawa surat keterangannya aja kesana.
Pelayanan dari jam 8 pagi - 4 sore ya...

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrulloh meluruskan informasi yang menyebut layanan itu termasuk pencetakan e-KTP. Zudan menyebut informasi itu tidak akurat.

"Terkait dengan berita tentang pencetakan KTP-el secara instan di TMII, berita di medsos yang beredar tersebut bukan bersumber dari Ditjen Dukcapil," ujar Zudan kepada wartawan, Jumat (20/10).

Zudan menegaskan tidak semua warga yang membawa surat keterangan (suket) atau perekaman baru bisa langsung mencetak e-KTP. Menurutnya berita pencetakan e-KTP instan itu tidak benar.

"Kami juga sudah mengklarifikasi. Berita tersebut menulis seakan-akan rekam bisa cetak langsung dan semua suket bisa langsung cetak instan menjadi KTP-el. Berita tersebut salah dan tidak akurat. Karena setiap perekaman baru tidak bisa langsung dicetak karena perlu waktu untuk penunggalan," ujarnya.

Zudan menyarankan agar warga mencetak e-KTP di Dinas Dukcapil masing-masing wilayahnya. Sementara di TMII hanya untuk perekaman saja.

"Untuk pencetakan saya sarankan tetap ke dinas Dukcapil masing-masing. Yang di Taman Mini hanya untuk perekaman saja," ucapnya.


(ams/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed