DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 21:58 WIB

Jokowi Bertanya-tanya tentang Suku Mbojo

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi Bertanya-tanya tentang Suku Mbojo Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren di Pondok Pesantren Qamarul Huda, Bagu, Lombok Tengah, NTB, Kamis (19/10/2017). (Danu Damarjati/detikcom)
Lombok - Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren di Nusa Tenggara Barat. Seperti biasa, ada kuis berhadiah sepeda yang diselenggarakan Jokowi.

Acara silaturahmi pimpinan Pondok Pesantren se-NTB ini digelar di Pondok Pesantren Qamarul Huda, Bagu, Lombok Tengah, NTB, Kamis (19/10/2017) malam.


Di kuis sesi pertama hingga kedua, peserta bisa lancar menjawab. Sepeda dihadiahkan untuk dua anak setempat. Untuk peserta kuis yang ketiga, Jokowi mempersilakan seorang remaja untuk maju.

Jokowi bertanya-tanya soal Suku Mbojo ketika mendengar jawaban dari seorang remaja bernama Lalu Muhammad Fatih BasmallahJokowi bertanya-tanya soal suku Mbojo ketika mendengar jawaban dari seorang remaja bernama Lalu Muhammad Fatih Basmallah (Danu Damarjati/detikcom)

Dia adalah pemuda Desa Bagu bernama Lalu Muhammad Fatih Basmallah. Jokowi memintanya menyebutkan tujuh suku dari 714 suku yang ada di Indonesia.


"Suku Sasak, suku Mbojo," kata Fatih.

Jokowi sempat tak yakin dengan jawaban suku Mbojo itu. "Suku Mbojo?" tanya Jokowi.


"Di mana itu?" sambungnya.

Kemudian orang-orang di sekitar, termasuk Fatih, menjelaskan bahwa suku Mbojo ada di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Silaturahmi bersama pimpinan pondok pesantren se-NTB ini berlangsung di Pondok Pesantren Qamarul HudaSilaturahmi bersama pimpinan pondok pesantren se-NTB ini berlangsung di Pondok Pesantren Qamarul Huda. (Danu Damarjati/detikcom)

"Saya kan juga nggak hafal. Saking banyaknya gitu lo. Kalau saya nggak hafal, ya ngaku," tutur Jokowi.


Selanjutnya, Fatih menyebut suku Dayak, Jawa, Betawi, Batak, dan Bugis. Akhirnya Fatih berhasil menyebutkan tujuh nama suku yang hidup di Indonesia. Dia bersalaman dengan Jokowi dan segera mendapatkan hadiah sepeda.

Sekilas soal suku Mbojo. Benar, suku ini adalah penduduk Kabupaten Bima dan Kota Bima. Masyarakat Bima kebanyakan bertani. Konon, menurut legenda, suku Mbojo adalah keturunan Majapahit.
(dnu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed