DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 21:46 WIB

Tipu 11 CPNS, Oknum Pegawai di Aceh Raup Rp 200 Juta

Agus Setyadi - detikNews
Tipu 11 CPNS, Oknum Pegawai di Aceh Raup Rp 200 Juta Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP M Taufiq saat konferensi pers soal penipuan CPNS. (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Ulah oknum pegawai negeri sipil di Aceh ini tak layak ditiru. Tersangka berinisial S (50) menipu 11 korban dengan iming-iming dapat meluluskan tes CPNS. Alhasil, pelaku berhasil meraup Rp 200 juta dan kini harus meringkuk di balik jeruji besi.

"Penipuan yang dilakukan tersangka ini dengan modus menawarkan kepada 11 korban untuk menjadi PNS. Korban menyetor uang bervariasi," kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP M Taufiq di Maporesta Banda Aceh, Kamis (19/10/2017).

Penipuan dilakukan tersangka mulai Mei 2016 hingga 2017. Saat itu S, yang bekerja di kantor Gubernur Aceh, menawarkan kepada 11 korban untuk mengikuti seleksi CPNS di kantor Gubernur Aceh. Dia berjanji dapat meluluskan dan kemudian meminta uang Rp 20-25 juta per korban.

Biaya itu, menurut tersangka, digunakan untuk pengurusan administrasi. "Namun pada kenyataannya, pada 2016 tidak ada penerimaan tes CPNS dan uang korban tersebut telah digunakan pelaku untuk keperluan pribadi," jelas Taufiq.

Selain itu, dia menjadi calo saat tes CPNS Kemenkumham. Para korban yang merasa tertipu membuat laporan ke polisi. Menurut Taufiq, korban bisa diperdaya dengan bujuk rayu tersangka dan ada juga korban orang terdekatnya. Tersangka juga membuat kuitansi setelah menerima uang dengan tujuan untuk meyakinkan para korban.

Setelah memperoleh informasi, polisi turun tangan. Pada 14 Oktober, tersangka S diciduk di rumahnya di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Aceh. Sejauh ini, korban diketahui melakukan aksi penipuan itu sendiri.

"Jumlah uang yang sudah berhasil ditarik tersangka ini berjumlah Rp 200 juta," jelas Taufiq.
(jbr/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed