DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 21:36 WIB

Gerindra: Parpol Pendukung Hanya Ikuti Keinginan Pemerintah

Hary Lukita Wardani - detikNews
Gerindra: Parpol Pendukung Hanya Ikuti Keinginan Pemerintah Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyebut sikap partai pendukung pemerintah dalam memutuskan Perppu Ormas bisa jadi tidak sesuai dengan hati nuraninya. Menurutnya, partai tersebut hanya mengikuti keinginan pemerintah.

"Sejak dikeluarkan Perppu kita sudah tahu petanya. Yang namanya partai pendukung pemerintah apa saja yang dibuat pemerintah, mohon maaf, sekalipun kita sudah tahu tidak sesuai hati nurani partainya dia ikut saja maunya pemerintah," ujar Riza di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/10/2017).


Riza juga menyinggung kembali soal presidential threshold (PT). Menurut dia jika melihat keinginan partai lainnya pasti juga mendukung presidential threshold nol persen karena bisa menyalonkan pimpinan partainya masing-masing.

"Terkait PT kalau saya ulang, pansus, kalau tanya pada hati nurani partai-partai mereka maunya nol persen dong supaya partai-partai bisa mengusung pimpinannya menjadi presiden. Tapi partai penguasa yang paling besar ingin menentukan sendiri agar partai-partai menengah kecil ikut partai besar ya 20 persen," jelas Riza.


"Apa itu bukan bentuk arogansi? Sama, kemudian partai-partai pendukung pemerintah menengah kecil punya kekuasaan? Nggak punya juga, nggak punya kekuatan juga untuk meyakinkan pemerintah untuk kembali ke nol persen," lanjutnya.

Menurutnya, persoalan presidential threshold itu adalah hal substantif. Hak warga negara dicalonkan agar rakyat nanti yang menentukan pilihannya.


"Itu kan substantif. Soal presidential threshold soal konstitusi, hak warga negara dicalonkan biar rakyat nanti yang menentukan siapa yang dipilih," tutupnya.
(lkw/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed