DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 18:33 WIB

Jokowi: Banyak yang Tak Tahu Negara Ini Berpenduduk Muslim Terbesar

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi: Banyak yang Tak Tahu Negara Ini Berpenduduk Muslim Terbesar Presiden Jokowi saat bertemu Emir Qatar di Istana Bogor. (Agus Soeparto/Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ternyata publik internasional banyak yang tidak tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Bahkan pemimpin negara-negara muslim juga tak tahu akan hal ini.

"Banyak kepala negara dan kepala pemerintahan yang belum tahu Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia," kata Jokowi di depan ratusan keluarga Al-Azhar cabang Indonesia, di Islamic Center, Kamis (19/10/2017).


Jokowi berbicara dalam Konferensi Internasional dan Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Indonesia. Hadir dalam acara ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur NTB sekaligus Ketua Alumni Al-Azhar Mesir cabang Indonesia Muhammad Zainul Majdi, dan mantan Ketua Alumni KH Quraish Shihab.

Setiap kali menghadiri konferensi internasional, Jokowi selalu mengemukakan Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar. Indonesia memiliki 250 juta penduduk, 714 suku, lebih dari 1.100 bahasa daerah, dan 17 ribu pulau.


Dia menceritakan fakta keberagaman ini kepada Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi. "Beliau terkaget-kaget," ungkap Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan hal ini kepada Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi. Terakhir, Jokowi menyampaikan hal ini kepada Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10) kemarin.

"Berbincang-bincang di beranda, terkaget-kaget! Saya sampaikan, 'Syekh, Indonesia ini punya 17 ribu pulau.' (Syekh Tamim merespons) 'Betul Presiden Jokowi?'" tutur Jokowi.


"Betul. Tapi saya belum pernah menghitung. Karena masih ada 4.000 pulau yang belum diberi nama," kata Jokowi menjawab keheranan Syekh Tamim.

Menurutnya, keberagaman ini adalah anugerah Allah SWT sehingga harus dijaga. Dia mendukung tema acara ini yang menyiratkan toleransi, yakni 'Moderasi Islam Dimensi dan Orientasi'.
(dnu/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed