DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 15:53 WIB

Pilgub Jatim 2018

Anas Sisir Wilayah Mataraman, Kulonuwun ke Para Bupati

Budi Sugiharto - detikNews
Anas Sisir Wilayah Mataraman, Kulonuwun ke Para Bupati Anas bertemu Wabup Trenggalek, Nur Arifin (Foto: Istimewa)
Surabaya - Bakal calon wakil gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, hari ini bergerilya di kawasan Mataraman atau Jatim bagian barat. Ia kulonuwun ke para kepala daerah setempat.

Giliran Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo dan Ngawi yang didatangi setelah ke Blitar. Di Tulungagung, Anas bertemu dengan Ketua DPC PDIP Tulungagung yang juga ketua DPRD setempat, Supriyono, Kamis (19/10/2017).

Selain itu, pasangan Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang diusung PDIP-PKB ini juga bertemu Bupati Tulungagung yang juga kader PDIP Syahri Mulyo.

"Ya ini bagian dari silaturahim kami ke para tokoh di Tulungagung. Beliau memberi masukan-masukan yang pada intinya untuk memperkuat program-program kerakyatan ke depan dalam rangka mengawal dan menyukseskan agenda Nawacita Presiden Jokowi," ujar Anas di rumah pribadi Supriyono.

Anas mendapat masukan oleh para tokoh tersebut. Syahri janji akan allout memenangkan pasangan yang telah mengantongi rekom Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Anas menemui Bupati Tulungagung, Syahri MulyoAnas menemui Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo Foto: Istimewa

"Jadi sudah jelas, tidak perlu ditanya kalau kami pasti mati-matian memenangkan Gus Ipul dan Mas Anas," tegas Syahri.

Setelah Tulungagung, Anas bergeser ke Trenggalek. Anas juga menemui Ketua DPC PDIP Trenggalek Doding Rahmadi.

Setelah bertemu Doding, keduanya lalu semobil menuju rumah dinas Wakil Bupati Trenggalek M Nur Arifin.

"Tadi saya dari kantor PDIP Trenggalek. Di sini kami juga bertemu kawan-kawan partai. Kami meminta saran dan masukan," ujar Anas.

Anas dan Doding lalu ke ruang kerja Arifin, serta melakukan pertemuan tertutup. "Saya sejak kemarin Whatsapp dan telepon terus sama Mas Emil Dardak dan Mas Arifin. Kebetulan Mas Emil di luar kota, jadi hari ini ketemu Mas Arifin. Pas lapar pas dijamu pecel, wah enak sekali pecel Trenggalek," kata Anas.

Dari Trenggalek, Anas ke Ponorogo diterima Bupati Ipong Muchlisson dan pada malam hari nanti akan ke Ngawi untuk bertemu Bupati Budi sulistyono atau Kanang.

Anas dijamu sate Ponorogo oleh Ipong Muchlissoni di rumah dinas bupati. Sebelum bertemu Ipong, Anas bertemu para pengurus PDIP Ponorogo.

"Alhamdulillah tadi disuguhi sate, minumnya dawet jabung. Enak dan segar. Pak Ipong juga progresif membangun Ponorogo," ujar Bupati Banyuwangi itu seusai pertemuan tertutup dengan Ipong.

Keduanya sempat berfoto di samping patung macan.

Anas Sisir Wilayah Mataraman, Kulonuwun ke Para BupatiFoto: Istimewa

Lantas bagaimana dengan Pilgub Jatim? "Ya tadi saya izin ke Pak Ipong untuk masuk Ponorogo. Beliau welcome. Saya juga senang karena kami memang sahabat sejak lama," ujarnya.

Bagaimana respons Ipong terhadap Anas? "Kalau dalam politik itu tidak perlu dijelaskan eksplisit. Lihat gestur dan senyum beliau ini kan semringah," kata Anas disambut tawa Ipong.

"Ya sahabat tentu kita saling kontak juga selama ini. Pak Anas juga kepala daerah muda yang selama ini mampu mengembangkan Banyuwangi dengan cepat," sahut Ipong.
(gik/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed