DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 13:20 WIB

Macet Menggila, Warga Minta Underpass Lebak Bulus Cepat Kelar

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Macet Menggila, Warga Minta Underpass Lebak Bulus Cepat Kelar Foto: Underpass Lebak Bulus (Sams-detikcom)
Jakarta - Pembangunan proyek underpass di Jalan RA Kartini atau yang dikenal dengan Underpass Lebak Bulus masih berlangsung hingga saat ini. Hampir setengah bagian jalan tertutup oleh proyek tersebut.

Pantauan detikcom pukul 12.35 WIB, Kamis (19/10/2017), pengerukan underpass terlihat cukup dalam di depan Swiss BelHotel Pondok Indah, Jakarta Selatan. Lalin di lokasi dari arah Pondok Indah menuju TB Simatupang terpantau ramai lancar begitu sebaliknya. Belum terlihat kemacetan yang parah hingga saat ini.

Para pengguna jalan yang setiap hari menggunakan rute Jl RA Kartini ke Pondok Indah, mengeluhkan kemacetan yang setiap hari terjadi akibat imbas dari proyek underpass itu. Kemacetan sering terjadi pagi hari dan sore hari. Saat kemacetan mulai terjadi jalan-jalan alternatif pun juga tidak bisa mengurai kemacetan di Jl. RA Kartini.

"Tiap hari dari pagi sampai malam macet terus. Biasanya pagi Pukul 08.00 WIB sudah macet terus siang udah macet. Malam saja pukul 01.30 WIB kadang-kadang masih macet. Dari Pondok Indah ke Lebak Bulus sudah macet. Kalo ke Ciputat enggak lewat jalan alternatif paling ya lewat jalan ini. Kalau ke Lebak Bulus masih ada jalan alternatifnya bisa lewat jalan Duta Niaga II seenggaknya potong jalan tidak terlalu macet banget, cuma kalau lagi macet parah ya tetap macet juga," kata Asep Dzailani, supir taksi yang sedang mangkal di depan Swiss BelHotel.




Menurutnya jalur alternatif yang bisa ditempuh dari arah Pondok Indah menuju TB Simatupamg, Fatmawati, Lebak Bulus dan Pondok Cabe bisa melalui jalan Duta Niaga II. Untuk ke arah Bintaro maupun Ciputat tetap harus melawati Jl RA Kartini.

"Macetnya itu pagi pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB. Sore pukul 16.00 WIB sampai di atas pukul 20.00 WIB rada stabil. Pernah waktu itu sampai enggak bisa jalan sama sekali sekitar hampir 1 jam ketahan di perempatan ini. Itu beberapa hari lalu pernah tidak bisa jalan," kata Imam, pengemudi ojek online.

Imam berharap agar proyek underpass yang menghubungkan Pondok Indah-Lebak Bulus ini selesai dengan cepat.

"Underpasnya jangan ada proyek yang mangkrak ya jangan sampai mangkrak karena kalo jalanan macet kita tak efisien juga," ujar Imam.

Macet Menggila, Warga Minta Underpass Lebak Bulus Cepat KelarFoto: Underpass Lebak Bulus (Sams-detikcom)

(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed