DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 10:31 WIB

Buka Seminar Golkar, Novanto Bicara soal Generasi Milenial Pancasila

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Buka Seminar Golkar, Novanto Bicara soal Generasi Milenial Pancasila Ketum Golkar Setya Novanto membuka seminar nasional. (Aditya Fajar/detikcom)
Jakarta - Ketum Partai Golkar Setya Novanto membuka seminar nasional Fraksi Golkar MPR sebagai rangkaian HUT ke-53 Golkar. Generasi milenial Pancasila menjadi sorotan Novanto.

Seminar bertajuk 'Revitalisasi Ideologi Pancasila sebagai Landasan Perjuangan Partai Golkar' itu digelar di auditorium Hotel Kartika Chandra, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017). Para tokoh, seperti presiden ke-3 BJ Habibie, mantan Ketum Golkar Akbar Tanjung, Agung Laksono, hingga Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie hadir.

"Generasi milenial Pancasila harus menjiwai ideologi Pancasila, oleh karena itu saya mengusulkan untuk dirumuskan wacana rancangan UU Pembinaan Pancasila dalam penggunaan kewajiban negara sebagai sistem yang menjiwai Pancasila di setiap peraturan UU. Kewajiban sosialisasi Pancasila ini diterapkan dalam formal maupun informal yang lebih terarah, terukur, dan programatis," kata Novanto dalam paparannya.

Wacana itu dicetuskan Novanto untuk mendukung RUU Perppu Ormas yang masih dibahas di DPR. Dia meminta Fraksi Golkar mendukung perppu tersebut.

"Saya melihat ini sebagai langkah yang tepat dalam rangka tindakan preventif menjaga Pancasila dan kedaulatan negara dari organisasi yang bertentangan dengan Pancasila maupun mereka yang ingin mengganti Pancasila dan merongrong kedaulatan NKRI," lanjut Novanto.

Buka Seminar Golkar, Novanto Bicara soal Generasi Milenial PancasilaKetum Golkar Setya Novanto membuka seminar nasional. (Aditya Fajar/detikcom)

Novanto menambahkan Golkar lahir untuk membela dan menjadi benteng ideologi Pancasila. Novanto mengajak para kader Golkar mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Sekali lagi, saya tegaskan, Golkar lahir karena membela dan menjadi benteng ideologi Pancasila. Untuk itu, saya mengajak kader-kader Golkar untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ujarnya.

"Apa siap bela? Siap amalkan Pancasila?" ujar Novanto yang disambut dengan teriakan 'siap' dari kader yang hadir.
(adf/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed