DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 03:23 WIB

Pilgub Sulsel 2018

Ketua Umum PPP Optimis Ichsan Yasin Limpo Bisa Ikut Pilgub Sulsel

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Ketua Umum PPP Optimis Ichsan Yasin Limpo Bisa Ikut Pilgub Sulsel Foto: M Nur Abdurrahman
Makassar - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy memutuskan untuk mendukung Ichsan Yasin Limpo (IYL), untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi selatan (Sulsel) 2018 mendatang. Romahurmuziy yakin Ichsan masih punya harapan dalam ajang demokrasi tersebut.

"Kami sudah putuskan dukungan untuk Ichsan. Kami terus bangun komunikasi partai-partai di pusat agar genap memenuhi syarat 17 kursi untuk maju di Pilgub, saat ini kita punya 7 kursi, termasuk menugaskan Ichsan agar membangun komunikasi efektif dengan partai-partai lainnya," ujar pria yang akrab disapa Romi ini saat ditemui usai mengikuti Zikir dan Doa dalam rangka HUT Sulsel ke-348 di rujab Gubernur Sulsel, di jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (18/10/2017).

Romi meyakini, dukungannya ke adik Gubernur Sulsel petahana Syahrul Yasin Limpo, telah final dan sesuai dengan kehendak rakyat Sulsel. Romi pun tetap optimis IYL dapat ikut bertarung di Pilgub Sulsel, meskipun saat ini peta dukungan partai-partai mengerucut pada dua pasang kandidat yang memborong kursi partai-partai, yakni Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman yang didukung PDIP, PAN, PKS, dan Gerindra, dan pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar yang didukung Golkar dan Nasdem.

"Kami belum ingin menjawab itu (kemungkinan IYL gagal mendaftar di KPU karena tidak cukup kursi), karena semua itu masih pengandaian, kami akan menyampaikan sikap ketika itu terjadi, tapi kami optimis akan banyak partai-partai lainnya bergabung ke Ichsan," pungkas Romi.

Seperti diberitakan sebelumnya, IYL yang pernah menjabat dua periode sebagai Bupati Gowa mendeklarasikan diri maju di Pilgub Sulsel di rumah pemenangannya, jalan Hertasning, Makassar, pada Kamis, 6 Juli lalu, bersama dua kandidat calon wakilnya yaitu Bupati Sidrap dan Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar. IYL akhirnya memilih Andi Mudzakkar dengan dukungan PPP dan PAN.

Belakangan, PAN yang memiliki 9 kursi di DPRD Sulsel kemudian mengalihkan dukungannya ke Nurdin Abdullah karena menganggap IYL tidak mampu mencukupkan syarat 17 kursi untuk bisa mendaftar di KPUD Sulsel, Januari 2018 mendatang.
(mna/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed