DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 02:38 WIB

Pesawat Asian One Air Tergelincir di Bandara Sentani, Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Pesawat Asian One Air Tergelincir di Bandara Sentani, Papua Foto: Wilpret Siagian/detikcom
Jayapura - Pesawat Asian One Air jenis Caravan PK LTV milik Pemda Mimika mengalami insiden saat melakukan kalibrasi kompas di area runway Bandar Udara Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (18/10) pukul 17.10 WIT. Akibat insiden tersebut pilot dan kru mengalami luka ringan pada kaki dan tangan, namun tidak ada korban jiwa.

"Benar pesawat Asian One Air milik Pemda Mimika jenis Caravan mengalami insiden tergelincir di Bandara Sentani sore tadi pukul 17.10 WIT. Pilot dan kru hanya mengalami luka lecet pada kaki dan tangan," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (Rabu (18/10/2017) malam.

Kamal menjelaskan insiden tergelincirnya pesawat jenis Caravan PK LTV yang dipiloti Zelda itu melakukan uji coba usai melakukan pengecekan atau kalibrasi kompas oleh teknisi Prihantoro, Ridwan dan Petrus.
Pesawat Asian One Air Tergelincir di Bandara Sentani, PapuaFoto: Wilpret Siagian/detikcom

Saat itu pilot pesawat Asian One Air jenis Caravan PK-LTV atas nama Zelda menghubungi tower ATC meminta izin untuk melaksanakan perbaikan swing compass di area taxi way sekitar pukul 17.05 WIT. Selanjutnya pukul 17.10 WIT pilot meminta akan melakukan kalibrasi kompas tiba-tiba rem tidak berfungsi normal. Akibatnya pesawat tergelincir keluar ke arah kiri dari taxi way.

"Petugas pos jaga Paskhas yang berada di runway 30 yang melihat kejadian itu langsung menghubungi tower ATC dan Posko Pam Avsec Bandara untuk menginformasikan bahwa ada pesawat yang masuk ke parit di area taxi F runway 30," katanya.

Atas informasi tersebut, lanjut Ahmad Mustofa, personel Polsek Kawasan Bandara Sentani bersama anggota Posko Pam Bandara dipimpin Kapolsek Kawasan Bandara Sentani Ipda Baharudin Buton mendatangi TKP di Areal Taxi F Runway 30. Tim kemudian melakukan evakuasi terhadap pilot dan kru ke hanggar Tariku.

Pesawat Asian One Air tersebut berhasil dievakuasi pukul 20.30 WIT dan langsung dimasukkan ke hanggar Tariku.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed