DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 18:05 WIB

Biaya Pengobatan Kakek Hasan yang Viral Digratiskan RS Polri

Ibnu Hariyanto - detikNews
Biaya Pengobatan Kakek Hasan yang Viral Digratiskan RS Polri Kakek Hasan (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Kakek Hasan yang kisahnya viral karena tertabrak mobil menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati. Biaya pengobatan Kakek Hasan pun digratiskan atau ditanggung oleh pihak rumah sakit.

"Ternyata pas kita lagi ngurus itu semua itu kita dapat kabar kalau biaya semua sampai kontrol free ditanggung rumah sakit," kata tetangga Kakek Hasan, Pujiwahyuni kepada detikcom di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).



Puji menceritakan bagaimana usaha dia dan teman-teman sebelum mendapatkan kabar jika pengobatan Kakek Hasan. Awalnya Kakek Hasan dibawa ke RS Polri dengan biaya pasien umum. Puji dan teman-temannya pun pantungan uang hingga pontang-panting mengurus BPJS.

"Kita rembukin lagi ini kalau dirawat inap dananya gimana, kita cari tahu tuh kelas yang paling murah, kita juga nyari informasi tentang BPJS. Ternyata bisa diurus BPJS tapi diberi waktu 3 hari kalau tidak keluar diberi biaya umum. Langsung kan kita ke kelurahan tapi ternyata KTP Kakek NIK nya sudah lama nggak aktif jadi harus ke sudin, Wali Kota (Jaktim), kita ke sana ngurus," beber dia.

Kakek Hasan / Kakek Hasan / Foto: Dok. Istimewa


Namun di tengah-tengah usaha dia mengurus BPJS untuk Kakek Hasan, pihak RS memberikan kabar jika biaya pengobatan Kakek Hasan digratiskan. Selain itu donasi-donasi dari berbagai pihak untuk Kakek Hasan terus berdatangan.

"Setelah Kakek dari IGD, kita penah cerita kalau kakek ini sebatang kara, nggak ada saudara akhirnya biaya dibebasin sama RS Polri hingga kontrol," tambah dia.

Sementara itu pihak RS Polri membenarkan hal tersebut. Menurut, Humas RS Polri, AKBP Kris, hal itu merupakan kebijakan dari pimpinan.

"Ya (biaya pengobatan Kakek Hasan gratis). Itu kebijakan pimpinan," kata dia saat dikonfirmasi.


(ibh/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed