DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 15:40 WIB

KPK Bagi Wilayah RI Jadi 8 agar Mudah Diawasi

Muhammad Iqbal - detikNews
KPK Bagi Wilayah RI Jadi 8 agar Mudah Diawasi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Cilegon - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 agar mudah diawasi. Namun, Saut tidak menyebut pembagian itu dengan rinci.

"Tapi kami di Jakarta itu membagi Indonesia jadi 8 daerah. Kami cluster, cluster. Jadi nggak mungkin (selalu berkantor di daerah) di sini pun ada yang memperhatikan terus kemajuannya," kata Saut usai rapat koordinasi pimpinan daerah di Aula DPRD Kota Cilegon, Banten, Rabu (18/10/2017).

Selama beberapa waktu terakhir, KPK memang menempatkan tim koordinasi dan supervisi di Banten. Namun tim itu akan kembali lagi ke Ibu Kota pada November nanti.

"Kita itu kan keberadaannya itu kan tidak artinya physical dengan istilahnya berkantor di sini. Makanya tadi saya bilang KPK secara fisik hadir di satu daerah," kata Saut.

Banten memang beberapa kali menjadi 'pelanggan' KPK, mulai dari gubernurnya hingga tingkat kepala dinasnya. Dalam rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah di Banten itu, KPK mengevaluasi beberapa hal seperti perbaikan sistem keuangan dan transparansi di setiap daerah.

"Jadi saya tadi sudah menjelaskan bahwa KPK ini sangat memperhatikan Banten karena memang dunia luar juga melihat. Oleh sebab itu makanya kami datang membantu Pak Wagub, Pak Gub untuk kemudian dikaitkan dengan pemerintah daerah dikaitkan dengan punya planing-planing, punya rencana-renacana supaya rakyatnya lebih sejahtera, supaya cepat, supaya mampu cepat bersaing," ucap Saut.
(dhn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed