DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 15:12 WIB

KPU Buka Sipol untuk Publik, Ini Data yang Dapat Dilihat

Dwi Andayani - detikNews
KPU Buka Sipol untuk Publik, Ini Data yang Dapat Dilihat Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka akses sistem informasi partai politik (sipol) untuk masyarakat. Beberapa informasi dapat dilihat warga dalam sipol itu, seperti kepengurusan dan partai politik berbadan hukum.

"Informasi di dalam sipol yang dipublikasikan yang dapat diakses publik itu misalkan begini, yang berkaitan dengan syarat. Partai politik berbadan hukum, publik bisa melihat SK Kemenkum HAM-nya," ujar Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2017).

Selain itu, Hasyim mengatakan, di dalam sipol, masyarakat dapat melihat data kepengurusan partai. Dimulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, hingga alamat kantor parpol.

"Partai politik harus punya pengurus di tingkat pusat, maka pusat, provinsi, kabupaten, kota, sampai kecamatan. Maka warga bisa melihat informasi partai politik, sampai dengan by name siapa pengurus di pusat siapa di kabupaten kota, kantornya di mana," kata Hasyim.

Namun, Hasyim mengatakan, tidak semua data dalam sipol akan dapat diakses publik. Salah satunya daftar rinci keanggotaan. Ini karena terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

"Kalau anggota itu kita hanya publikasikan rekapituliasinya jumlah anggota, partai politik apa, di kabupaten mana jumlahnya berapa, by name-nya tidak kita publikasikan karena beberapa pertimbangan," ujar Hasyim.

Sipol resmi dibuka untuk publik setelah proses perpanjangan waktu untuk melengkapi berkas pendaftaran parpol ditutup. Nantinya, masyarakat dapat memantau di situs https://sipol.kpu.go.id atau https://infopemilu.kpu.go.id.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed