DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 13:00 WIB

Anies-Sandi Hadiri Temu Kader Gerindra, Ditjen Otda: Tak Masalah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anies-Sandi Hadiri Temu Kader Gerindra, Ditjen Otda: Tak Masalah Foto: Anies dan Sandiaga di Temu Kader Gerindra (Twitter Fadli Zon)
Jakarta - Kemendagri tidak mempermasalahkan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno di Konferensi dan Temu Nasional Kader Gerindra. Sebab, tidak ada larangan untuk gubernur dan wagub menghadiri undangan parpol.

"Iya yang pertama gubernur adalah jabatan politik, dan aturan protokolernya dia boleh menghadiri undangan termasuk parpol. Boleh nggak ada masalah," kata Ditjen Otda Kemendagri Sumarsono saat dihubungi, Rabu (18/10/2017).

Sumarsono juga menyarankan gubernur dan wagub tidak hanya menghadiri undangan salah satu partai saja, tapi juga partai politik lainnnya. Sebab, gubernur merupakan komponen semua bangsa.

"Kalau perlu tak boleh satu partai tapi berbagai partai. Sebagai gubernur posisinya hari ini ke Gerindra, besok ke PKS, begitu seterusnya," ujarnya.

"Jadi tidak ada larangan itu sejauh memang ada undangannya. Secara protokol ada undangan ke gubernur dan memang diperbolehkan menghadiri semua acara. Karena gubernur merupakan komponen semua bangsa," sambungnya.

Terkait Anies yang datang mengenakan pakaian dinas, menurut Sumarsono juga tak masalah. Selama acara tersebut merupakan acara resmi.

"Nggak apa-apa, dia kan menaungi. Baju dinas nggak boeh dipakai masuk ke tempat diskotek, karaoke, itu soal etika. Kalau acara resmi boleh," tuturnya.

Sementara terkait Sandi yang mengganti pakaian dinasnya, Sumarsono mengungkapkan hal tersebut tergantung kapasitas.

"Dia ada dua kapasitas. Kalau diundang sebagai wagub ya pakai baku wagub, tergantung kapasitasnya. Misalnya Pak Tjahjo kadang dipanggil Mendagri, kadang dipanggil sebagai orang partai. Jabatan politik Mendagri, jabatan gubernur bupati wali kota itu politik. Jadi dia tidak terikat aturan. Lain lagi kalau saya datang sebagai Ditjen Pajak," jelas Sumarsono.

Sebelumnya, Waketum Gerindra Fadli Zon mengungkap kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno lewat foto di akun Twitter-nya. Acara ini dipimpin langsung oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.


(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed