DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 08:55 WIB

Anggota Disersi Dipecat, Kapolda Metro: Biar Nggak Menular

Mei Amelia R - detikNews
Anggota Disersi Dipecat, Kapolda Metro: Biar Nggak Menular Fotografer: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis memecat anggota yang disersi (tidak melaksanakan rugas tanpa keterangan). Bentuk hukuman PTDH (Pemberhentian Dengan Tidak Hormat) kepada anggota yang disersi ini diberikan agar tidak menular kepada yang lainnya.

"Kenapa kami upacarakan untuk memberi gambaran kepada anggota yang lain bahwa menjadi anggota Polri ada aturan-aturan main yang harus dipenuhi. Mungkin teman-teman tahu tadi ada anggota yang 85 hari tidak melaksanakan tugas tanpa keterangan, ya dia harus di-PTDH begitu, kalau tidak dilakukan tindakan tegas akan nular kepada anggota-anggotanya yang lain," terang Irjen Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Upacara tersebut digelar di Lapangan Lalu Lintas Polda Metro Jaya pukul 07.00 WIB pagi tadi. Prosesi pemecatan sengaja diupacarakan sebagai peringatan kepada anggota lainnya untuk melaksanakan tugas penuh kedisiplinan.


Kapolda mengatakan pemecatan terhadap anggota yng disersi juga sebagai bentuk komitmen Polri dalam memberikan reward and punishment. "Sehingga anggota yang lain pasti bilang 'yang rajin-rajin, yang malas malas tidak ditindak' kira-kira seperti itu, apalagi kalau pelanggaran dia pelanggaran pidana," katanya.

Dengan komitmen ini, diharapkan anggota Polri lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan lebih berprestasi.

"Nah konsistensi ini harus terus ditumbuh kembangkan, kita rawat, kita maintenance, supaya anggota Polda Metro ini ke depan mereka berlomba-lomba untuk berbuat yang terbaik, berlomba-lomba menggapai mencapai prestasi, lalu mereka dapat nanti reward oleh pimpinan baik itu Satkernya, baik itu Kapolres, maupun yang langsung di Polda Metro ini," paparnya.

Ia menambahkan, bentuk hukuman terhadap anggota Polri diberikan sesui dengan kriteria kesalahannya. "Untuk anggota kita juga yang melakukan pelanggaran sesuai dengan kriteria pelanggarannya apakah disiplin, pelanggaran etika, atau pelanggaran pidana, kita tindak juga, kita tunjukkan konsistensi," tuturnya.
(mei/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed