DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 07:05 WIB

Heboh Buaya di Jawa, Dari Rebutan Wilayah Hingga Nyeberang ke Laut

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Heboh Buaya di Jawa, Dari Rebutan Wilayah Hingga Nyeberang ke Laut Foto: capture video amatir warga/rinto heksantoro
Jakarta - Buaya berukuran 5 meter menghebohkan warga Dusun Pagak, Desa Kedungwinangun, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pasca-banjir yang mengakibatkan sungai meluap. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan datangnya buaya ke sungai di Pulau Jawa.

"Jadi Kebumen itu pantai selatan ya, itu buaya muara. Buaya muara bisa pindah menyeberangi lautan juga bisa. Bisa jadi kalau di sana itu, kita belum tahu betul mengenai di sana populasi yang sudah established atau intruders, buaya yang sudah masuk di sana. Karena buaya itu kan teritorial," kata Peneliti LIPI Amir Hamidy saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (17/10/2017) malam.

[Gambas:Video 20detik]


Amir mengatakan belum mengetahui pasti bila wilayah sungai di Kebumen tersebut merupakan habitat bagi buaya. Namun ia mengatakan ada kemungkinan bagi buaya untuk pindah ke wilayah tersebut karena terdesak perebutan wilayah.

"Kalau terusir kan cari lokasi baru nih. Kalau lokasi baru bisa jadi habitatnya di Kebumen, pernah kayak di Yogyakarta yang ada di pantai selatan kan, ada buaya yang pindah dari populasi di Nusakambangan atau Ujung Kulon kan bisa juga kan," tuturnya.

Amir mengatakan buaya bukan hewan yang soliter. Ia menuturkan bila memang sungai tersebut merupakan habitat bagi buaya akan dapat dengan mudah diketahui.

termasuk Sungai Lukulo. Akibat luapan sungai itu, seekor buaya ukuran besar muncul ke persawahan penduduk di pinggir sungai.

Sebelumnya, keberadaan buaya sepanjang lebih dari 5 meter yang muncul di Dusun Pagak, Desa Kedungwinangun, Kecamatan Klirong, pada Selasa (17/10) pagi. Warga yang pertama kami melihat adalah Jujur Ari Ahmad (24).

"Tadi saya pas lagi cari ikan, terus tadi kan airnya masih menggenang kelihatan bagian kepalanya. Saya kira itu biawak ketika saya pegang malah menganga mulutnya, ternyata buaya terus saya lari," tuturnya kepada detikcom.

Jujur pun kemudian memberitahukan tentang penemuannya itu kepada warga. Namun setelah berusaha ditangkap beramai-ramai, buaya tersebut lepas dan lari ke arah sungai Lukulo.

"Panjangnya sekitar 5 meter, tadi sempat mau ditangkap sama warga beramai-ramai namun gagal terus lari dan masuk ke sungai," lanjutnya.
(fdu/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed