DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 21:00 WIB

Saat Santri di Garut Tagih Sepeda ke Jokowi

Hakim Ghani - detikNews
Saat Santri di Garut Tagih Sepeda ke Jokowi Rama dan Presiden Jokowi (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Presiden Jokowi kerap membagi-bagikan sepeda saat berinteraksi dengan warga. Saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat, Jokowi ditagih hadiah sepeda oleh santri.

Presiden Jokowi berkunjung ke Pesantren Darul Arqam di Kecamatan Cilawu, Garut, Jabar, Selasa (17/10) sore. Jokowi awalnya memberi sambutan di hadapan ribuan santri dan ulama yang hadir.

Jokowi mengingatkan masyarakat agar tidak lupa akan kekayaan yang dimiliki Indonesia. Indonesia memiliki 17 ribu pulau dan 714 suku.

"Ini kewajiban kita semua untuk mengingatkan bahwa negara kita adalah negara besar, termasuk muslim terbanyak di dunia, sehingga kita harus memahami itu. Sekarang ini banyak yang lupa," katanya.

Saat Santri di Garut Tagih Sepeda ke JokowiRama dan Presiden Jokowi (Hakim Ghani/detikcom)

Selepas memberikan sambutan, Jokowi tak lupa mengadakan kuis untuk warga. Ia pun memanggil sejumlah santri yang ingin menjawab pertanyaan yang ia ajukan.

Tak lama berselang, seorang santri laki-laki berjalan maju menghampiri Jokowi. Santri yang diketahui bernama Rama Teguh tersebut kemudian naik ke atas panggung.

"Sebutkan suku yang ada di Indonesia, apa saja?" tanya Jokowi.

Rama pun menyebutkan sejumlah nama suku di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, dan Batak.

Selepas tanya-jawab tersebut, Jokowi mempersilakan Rama turun dari panggung. Namun, baru berjalan beberapa langkah, Rama berhenti berjalan dan menoleh ke arah Jokowi sambil tersenyum.

Melihat aksi tersebut, Jokowi pun tak tinggal diam. "Ngapain tengok-tengok. Bilang saja minta sepeda," kata Jokowi.

Namun, alih-alih mendapat sepeda, Rama harus gigit jari karena sepeda yang ia inginkan tidak ada di lokasi acara. "Nanti sepedanya diantarkan, ya," ujar Jokowi.

Seluruh hadirin yang berada di lokasi sontak tertawa. Sambil tertawa, teman-teman Rama menyorakinya karena belum mendapatkan sepeda yang ia inginkan.

Selepas acara, Rama mengaku senang mendapatkan sepeda dari Jokowi meski sepeda itu belum diserahkan. "Nanti katanya malam (sepedanya) diserahkan ke sini," kata remaja kelas III di MA Darul Arqam itu.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed