DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 16:08 WIB

Djarot Absen di Sertijab Anies, PKS Singgung Jiwa Besar Politikus

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Djarot Absen di Sertijab Anies, PKS Singgung Jiwa Besar Politikus Sekjen PKS Mustafa Kamal (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat lebih memilih liburan ketimbang hadir dalam acara sertijab Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai pimpinan DKI Jakarta yang baru. PKS menyebut langkah Djarot dapat menjadi preseden buruk ke depannya.

"Ya ini memang satu peristiwa politik yang tidak biasa. Ini berpotensi menjadi tradisi yang kurang elok di masa yang akan datang," ujar Wasekjen PKS Mustafa Kamal di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menurut Mustafa, kerukunan antar-elite politik perlu ditunjukkan ke publik. Ini agar masyarakat juga menjadi semakin maju dalam berdemokrasi.

"Saya kira di negara-negara maju, iklim politik dibangun dengan persahabatan di antara elitenya. Di mana pertarungan, ketika usai, kemudian persahabatan kembali pulih. Ini akan menyelesaikan banyak persoalan," tutur Mustafa.

Menurut Mustafa, Pilkada DKI Jakarta 2017 kemarin menyiratkan adanya perbedaan mencolok di tengah masyarakat Jakarta. Seharusnya, hal itu segera berakhir ketika kontestasi tersebut usai dengan damai, berlalu juga bagi peserta yang bertarung.

"Apa yang seolah berkembang adanya keterbelahan politik di Jakarta itu akan selesai dengan sendirinya ketika elitenya berangkulan, bersalaman dengan jiwa besar, bisa memberikan kepercayaan dan dukungan bahkan kepada lawan politiknya yang terpilih. Itu yang memang tidak mudah. Kita harus mulai dari jiwa besar dari elite. Itu penting untuk dicatat," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed