DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 15:57 WIB

Canda Jokowi, JK dan Prabowo dari Berbaris Anies-Sandi hingga Peci

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Canda Jokowi, JK dan Prabowo dari Berbaris Anies-Sandi hingga Peci Foto: Pool/Biro Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terlibat obrolan hangat seusai pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Apa yang dibicarakan mereka?

Dalam obrolan itu, Prabowo tampak tertawa lepas. Beberapa kali terdengar tawa lepas dari ketiga orang tersebut. Wakil Presiden Jusuf Kalla menceritakan bahwa obrolan itu berisi tentang candaan saat pelantikan.

"Kalau ketawa, banyak humor berarti kan. Itu kira-kira yang dibicarakan," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017).

JK mencontohkan saat dirinya bersama Jokowi dan Prabowo mengomentari cara berbaris Anies dan Sandiaga ketika pelantikan. Ketiganya sepakat bahwa Anies-Sandi tidak serasi.

"Contohnya baris berbarisnya Anies dan Sandi. Jadi tidak tahu yang mana berhenti dan bagaimana yang kita jalan. Kita ikut ketawa. Tentara dengan anu (sipil) kan beda," ucapnya.

Selain itu, ketiganya bercanda soal tamu undangan yang hadir. Saat prosesi pelantikan dilakukan, hanya 3 orang yang menggunakan peci dan ketiga orang itu berasal dari partai nasionalis dan bukan partai Islam. Ketiga orang itu adalah Jokowi, JK, dan Prabowo.

"Yang dibahas antara lain yang pakai kopiah di samping saya dengan Pak Jokowi kan nggak wajib. Yang pakai kopiah cuma 3 orang, semua pakai partai nasional. Dari partai agama justru tidak pakai kopiah," terangnya.

"PKS ada Pak Sohibul, Salim Assegaf, dengan Imam. Itu nggak pakai kopiah tapi Pak Prabowo pakai kopiah. Yang mana nih yang religius? Itu antara lain kita ketawa," sambung JK sambil tertawa.
(jor/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed