DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 15:19 WIB

Heroik! Viral Polisi Gendong Warga Sakit di Pedalaman Sulteng

Niken Purnamasari - detikNews
Heroik! Viral Polisi Gendong Warga Sakit di Pedalaman Sulteng Foto: Dok. Polda Sulteng
Jakarta - Aksi Kapolsek Bunta Iptu Candra yang menggendong warga sakit di suku terasing Sulawesi Tengah jadi perbincangan di media sosial. Dia menggendong warga itu sejauh 5 kilometer untuk mencapai Puskesmas terdekat.

Dari foto dan video yang diterima detikcom dari Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, AKBP Hari Suprapto, Candra menemui langsung warga yang sakit bernama Isak Linggi (43) ke rumahnya.

Rumah Isak berada di Dusun Mumpe, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tenggara. Daerah tersebut diketahui merupakan daerah terpencil yang tidak dapat dilewati kendaraan.

Heroik! Viral Polisi Pribumi Gendong Warga Sakit di Pedalaman Sulteng

[Gambas:Instagram]

Heroik! Viral Polisi Gendong Warga Sakit di Pedalaman Sulteng Foto: Dok. Polda Sulteng


Kondisi Isak terlihat memprihatinkan. Dari keterangan Hari, Isak mengalami luka bakar pada bagian kaki sebelah kanan. Luka itu membuat kondisi tubuhnya semakin parah.

"Lukanya sudah dari Maret 2017 dan semakin parah. Lelaki itu tidak mendapat perawatan medis yang layak karena kondisi keluarga sangat miskin," ujar Hari dalam pesan kepada detikcom, Selasa (17/10/2017).

[Gambas:Instagram]



Candra kemudian bersama Babinkamtibmas beserta Kadis Kesehatan dan instansi setempat mendatangi rumah Isak. Sebab tidak ada transportasi, Candra akhirnya menggendong Isak menggunakan kursi dari bambu.

Heroik! Viral Polisi Pribumi Gendong Warga Sakit di Pedalaman SultengHeroik! Viral Polisi Gendong Warga Sakit di Pedalaman Sulteng Foto: Dok. Polda Sulteng


Medan perjalanan yang harus ditempuh yakni melewati hutan, semak belukar dan menyeberangi hutan. Sekitar 5 kilometer jarak menuju Puskesmas Bunta.

"Sekitar 5 kilometer jaraknya dari rumah lelaki tersebut ke puskesmas. Begitu tiba, korban langsung dilakukan penanganan medis," ujar Hari.
(nkn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed