DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 12:57 WIB

Dilelang Hari Ini, Rumah Terpidana Kasus Simulator SIM Masih Dihuni

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Dilelang Hari Ini, Rumah Terpidana Kasus Simulator SIM Masih Dihuni Rumah yang dillelang KPK (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)
Jakarta - Rumah terpidana korupsi mantan Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA) Budi Susanto dilelang hari ini. Namun, rupanya masih ada penghuni rumah tersebut.

Dari pantauan detikcom, Selasa (17/10/2017), rumah itu beralamat di Jalan Pratama II Blok D Kavling nomor 20, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Alamat itu sesuai dengan yang tercantum di website KPK, namun ketika disambangi nomor rumah itu berubah menjadi nomor 5, bukan 20.

Ada seorang perempuan yang berbicara dari balik gerbang. Dia mengaku menyewa rumah itu dari istri Budi. Namun dia mengaku sewanya akan habis beberapa bulan ke depan.

Dilelang Hari Ini, Rumah Terpidana Kasus Simulator SIM Masih DihuniRumah itu masih ditempati (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)


"Tanya pemiliknya aja ya, saya cuma penyewa, saya sudah lama. Saya beberapa bulan lagi sudah habis (sewa), saya lupa 2018 awal gitu," ucap perempuan yang enggan menyebut namanya itu.

"Saya nyewa dulu sekali sih, saya nyewa ke istrinya Pak Budi," sambung perempuan itu.

Perempuan itu juga keberatan bila ikut terlibat. Dia sempat mendapatkan pesan dari istri Budi bila ada masalah diminta tanya langsung ke istri Budi itu.

"Saya keberatan kalau ikut terlibat. Dalam hal ini ibu juga sudah bilang kalau ada apa-apa suruh tanyakan ke ibu saja," kata perempuan itu.

Saat dimintai konfirmasi terpisah, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan ada perjanjian rumah itu ditempati oleh keluarga. Namun rumah itu akan dikosongkan apabila sudah terjual dalam lelang.

"Masih ditempati oleh pihak keluarga dengan perjanjian akan dikosongkan ketika sudah terjual, lelang," kata Febri.

Rumah yang bercat putih itu tampak kusam. Di bagian depan, tepatnya di gerbang berwarna hitam tertempel papan bertuliskan sitaan KPK.

Dilelang Hari Ini, Rumah Terpidana Kasus Simulator SIM Masih DihuniRumah itu dilelang hari ini (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)


Rumah ini rencananya akan dilelang KPK pada Selasa (17/10) hari ini. Rumah ini seluas 162 meter persegi, ditawarkan dengan harga limit Rp 1.797.600.000. Sementara uang jaminan lelangnya Rp 360 juta.

Rumah itu dilelang terkait kasus yang menjerat Budi. Dia divonis hukuman pidana 8 tahun penjara pada 16 Januari 2014 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Dia juga dihukum membayar ganti rugi Rp 17,1 miliar.

Putusan itu dikuatkan di tingkat banding. Sedangkan, di tingkat kasasi, Mahkamah Agung (MA) menambah hukuman Budi menjadi 14 tahun penjara. Selain itu, MA juga menambah hukuman pembayaran ganti rugi dari Rp 17,1 miliar menjadi Rp 88,4, miliar.

Budi dihukum karena terlibat dalam pusaran korupsi proyek simulator SIM yang merugikan negara dengan kisaran nilai hingga Rp 198 miliar.
(dhn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed