DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 12:37 WIB

Kunjungi Dinas UMKM, Anies-Sandi Serahkan Sertifikat 3 Koperasi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kunjungi Dinas UMKM, Anies-Sandi Serahkan Sertifikat 3 Koperasi Foto: Anies-Sandi mengunjung Dinas UMKM DKI Jakarta (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengunjungi Dinas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sandi mengingatkan tentang 3 hal yang harus ada untuk membangun UMKM.

Tiba di Dinas UMKM, Anies-Sandi disambut oleh Kepala Dinas UMKM Irwandi. Keduanya langsung menuju ke ruang pertemuan.

"Pada hari ini kita merasa bangga dikunjungi pada hari pertama kerja Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ini menunjukkan kecintaan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur pada UMKM," kata Irwandi di Dinas UMKM, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/10/2017).

Kunjungan Anies-Sandi ini juga sekaligus untuk menyerahkan sertifikat nomor induk koperasi kepada tiga koperasi di Jakarta. Yakni, Koperasi Sari Bhakti, Koperasi Amanah, dan Koperasi Nur Hikmah.

Sementara itu, Sandiaga mengatakan ada tiga hal yang perli dimatangkan untuk membangun UMKM. Yang pertama yaitu lahan usaha termasuk menciptakan lahan usaha.

"Kedua SDM di sini harus kita pastikan SDM bagus, ada asupan teknologi. Sebagian besar sudah pakai Android. Jadi UMKM harus punya pencatatan pembukuan yang baik," ujarnya.

Sementara yang ketiga adalah akses permodalan. Akses permodalannya bisa ditopang dengan kegiatan dan inovasi.

"Kita mau UMKM ini terdata betul bagaimana Amerika terdata betul," ujarnya.


(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed