DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 12:26 WIB

Aplikasi Aduan Konten Negatif Kominfo Beroperasi Awal 2018

Audrey Santoso - detikNews
Aplikasi Aduan Konten Negatif Kominfo Beroperasi Awal 2018 Menkominfo Rudiantara (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengaku telah membuat aplikasi untuk mewadahi aduan masyarakat seputar keberadaan konten negatif. Aplikasi itu, kata Rudi, direncanakan mulai beroperasi pada awal 2018.

"Kominfo sudah membuat aplikasi baru untuk aduan masyarakat. Jadi masyarakat juga harus tahu yang diadukan. Contohnya Anda mengadukan, nanti diberi ticketing, sehingga dengan menggunakan tiket tersebut, dia (pelapor) tahu sudah sampai mana proses (penanganan konten yang dilaporkan)-nya," kata Rudi usai menjadi pembicara di seminar bertajuk 'Bahaya Hoax Melalui Media Sosial Sebagai Ancaman Disintegrasi Bangsa', yang diselenggarakan Mahasiswa STIK/PTIK Angkatan '72 di auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (17/6/2017).

"Jadi itu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," sambung dia.

Aplikasi tersebut, lanjut Rudi, juga memiliki kemampuan mencari konten negatif dengan secara otomatis. Rudi menjelaskan saat ini penanganan konten negatif di Kemenkominfo masih dilakukan dengan cara manual, salah satunya pelaporan masyarakat ke pihaknya.

"Kalau sekarang kan masih manual. Kominfo menyiapkan mesin crawling yang 2018 awal itu beroperasi. Nanti mesin itu meng-crawl, mengais-ngais mana konten yang negatif," ujar Rudi.
(aud/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed