DetikNews
2017/10/17 12:11:55 WIB

Bertaring hingga Berbadan Ular, Ini Jenglot yang Bikin Geger

Niken Purnamasari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bertaring hingga Berbadan Ular, Ini Jenglot yang Bikin Geger Foto: Istimewa
Jakarta -

Kemunculan jenglot sering kali membuat geger. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengaitkan jenglot dengan ritual mistis. Ada pula yang menganggap jenglot sebagai benda yang memiliki kekuatan magis dan sakti.

Seperti yang ditemukan di Pantai Watu-Watu, Surabaya, baru-baru ini. Jenglot yang berukuran tinggi 40 cm itu ditemukan beserta kotak dan kain putih. Posisi tangan jenglot bersedekap menyilang di dada.

Foto: Zaenal Effendi/detikcom


Jenglot tersebut terlihat memiliki kuku panjang dan runcing dan dua gigi taring. Badan jenglot dalam kondisi mengering dan berwarna cokelat menghitam. Bagian wajahnya sudah rusak dan seperti terbakar.

Foto: istimewa

Bukan cuma di Surabaya kemunculan jenglot pernah membuat geger. Pada 2016, warga di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, juga dihebohkan jenglot yang ditaruh di dalam stoples.

Masih ada cerita lain soal jenglot yang membuat heboh warga. Berikut ini cerita lengkapnya:

1. Jenglot Menyeramkan Hebohkan Warga Kepulauan Seribu

Jenglot di Kepulauan Seribu.Jenglot di Kepulauan Seribu. (Istimewa)


Sesosok jenglot menghebohkan warga Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Jenglot tersebut ditemukan di dalam sebuah stoples. Jenglot tersebut berukuran sekitar 10 cm dan berambut panjang.

Kapolres Kepulauan Seribu AKP John Weynart mengatakan jenglot tersebut ditemukan warga bernama Syafei di Pulau Harapan sekitar pukul 08.45 WIB.

"Ditemukan oleh Bapak Syafei kemudian diserahkan kepada petugas PPSU, Maksum, dan setelah dibuka ternyata isi stoplesnya itu adalah jenglot," ujar John kepada detikcom, Kamis (12/5/2016).


2. Ada Jenglot dan Keris Raksasa di Kebun Sawit


Warga di Jalan Gugus Depan, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Binjai, Sumut, mendadak heboh. Salah seorang warga, M Azhari (48), menemukan jenglot, keris, dan sejumlah benda lain di belakang rumahnya.

Sekitar 8 bulan yang lalu, sore hari, Azhari berjalan di kebun sawit miliknya dengan luas 1 hektare di sekitar rumahnya. Ketika itu dia dikejutkan adanya sepasang jenglot di atas permukaan tanah. Ia pun membawa jenglot itu ke rumahnya dan diletakkan di dalam kaca.

Foto: Istimewa


Pada Senin (25/1/2016), Ade, yang sedang berjalan di kebun sawit di belakang rumahnya, dikejutkan oleh adanya keris. Keris itu memiliki panjang 170 sentimeter dengan sarungnya. "Keris itu ada 17 lekukan," akunya.


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed