DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 10:45 WIB

Marlina Moha Dipanggil KPK Terkait Suap 'Selamatkan Ibu'

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Marlina Moha Dipanggil KPK Terkait Suap Selamatkan Ibu Foto: Politikus Partai Golkar Aditya Anugrah Moha saat menjalani pemeriksaan perdana setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - KPK memanggil ibunda anggota Komisi XI DPR Aditya Anugrah Moha, Marlina Moha Siahaan sebagai saksi terkait suap yang dilakukan anaknya. Sosok Marlina disebut Aditya jadi alasannya melakukan suap.

Selain Marlina Moha, dipanggil pula Panitera Pengadilan Negeri Manado Refly Herry Batubuaja dan Tenaga Ahli DPR Muhammad Zakir Sani.

"Ketiga saksi diminta kehadirannya untuk melengkapi berkas penyidikan AAM (Aditya Anugrah Moha)," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (17/10/2017).

Marlina Moha Siahaan divonis 5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Manado terkait kasus korupsi APBD. Marlina adalah Bupati Bolaang Mongondow dua periode berturut-turut, yakni pada 2006-2011 dan 2011-2016.

Suap yang diberikan Aditya ke Sudiwardono dalam rangka menyelamatkan Marlina dengan dua tujuan. Pertama agar tidak dilakukan penahanan terhadap Marlina Moha dan untuk mempengaruhi putusan banding.

Dari operasi tangkap tangan pada Jumat (6/10), KPK mengamankan SGD 64 ribu. Namun diduga total commitment fee sebesar SGD 100 ribu dalam kasus ini. OTT dimulai saat penyerahan uang suap terjadi di sebuah hotel di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, dari Aditya kepada Sudiwardono.
(nif/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed