DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 09:55 WIB

Saat Kemarahan Bupati Lebak Meledak karena Ada Bangunan Liar

Hary Lukita Wardani - detikNews
Saat Kemarahan Bupati Lebak Meledak karena Ada Bangunan Liar Bupati Lebak Iti Octavia. Bupati Lebak Iti Jayabaya dalam video yang beredar (Istimewa)
Jakarta - Video Bupati Lebak Iti Octavia menjadi viral karena mengamuk dengan bahasa Sunda. Rupanya Iti marah karena ada bangunan liar di atas taman.

Dalam kemarahannya tersebut, ia mengira orang-orang tersebut berani kepada dirinya. Dalam video itu, ia marah menggunakan bahasa Sunda.

"Nganggap remeh dia ka aing, sagala solokan ku dia dicor sagala macem, ku dararia. Naon eta arana? Pak Camat kumaha sih teu kakontrol, jaro kumaha sih? (Menganggap remeh kalian ke saya. Selokan dicor oleh kalian. Apa itu? Pak Camat gimana sih nggak kekontrol, kepala desa?" kata Iti dalam video yang tersebar di media sosial, Lebak, Senin (16/10/2017).

"Aing ku maneh disapatkeun, nu aya beuheung dia disapatken ku aing dararia," lanjut Iti, yang diikuti dengan kata-kata umpatan.

Kabag Humas Lebak Eka Prasetiawan menceritakan saat itu Iti marah kepada Kepala Desa Bojong Menteng dan Camat Leuwidamar. Ia mempertanyakan pihak desa yang tidak memonitor pembangunan taman yang dibangun dengan anggaran pemda.

Padahal, di hari yang sama atau Kamis (12/10), rencananya di lokasi yang merupakan pintu masuk ke kawasan adat Baduy itu juga akan ada kunjungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah (UKM).

"Marah ke yang bangun rumah, terus ke kepala desa diminta untuk monitor kenapa sampai kebobolan, camat juga sama ditegur," kata Eka saat bercerita, Senin (16/10).

Saat ini, menurut Eka, bangunan liar yang menyebabkan Bupati Lebak marah sudah ditertibkan. Tamannya sendiri, menurutnya, memiliki luas sekitar 5 meter persegi.

Eka menuturkan memang harus menggunakan bahasa Sunda untuk memberi tahu masyarakat agar bisa dimengerti. Jika menggunakan bahasa Indonesia, bisa jadi masyarakat setempat tidak mengerti.

Plt Kasatpol PP Lebak Dedi Supratnawiyata mengatakan bangunan di pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger itu merusak taman. Selain itu, bangunan tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Hal itulah yang membuat Iti marah.
(lkw/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed