DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 07:24 WIB

Perintah Jokowi, Prabowo, dan Tokoh Parpol untuk Anies-Sandi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Perintah Jokowi, Prabowo, dan Tokoh Parpol untuk Anies-Sandi Foto: Agung Pambudhy
FOKUS BERITA: Pelantikan Anies-Sandi
Jakarta - Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ada banyak harapan yang diembankan di pundak mereka. Ini pesan Jokowi dan tokoh parpol kepada Anies dan Sandiaga.

Anies dan Sandiaga resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin 16 Oktober 2017.


Sandiaga mengaku sudah mendapat perintah dari Presiden Jokowi. Perintah itu terkait peralihan pemerintahan dan jalannya pemerintahan di DKI ke depan. "Tadi perintah Pak Jokowi, ke depan semuanya rileks saja, semuanya berjalan," kata Sandiaga.

Jokowi, menurutnya, percaya terhadap pemerintahan daerah di Jakarta. Maka warga DKI juga akan percaya diri. "Dan ini kita merasakan untuk melangkah lebih percaya diri," sambungnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo berharap Anies dan Sandi dapat melaksanakan janji politiknya saat kampanye. Selain itu, ia juga mengatakan Anies-Sandi harus bisa menyerap masukan dari masyarakat. "Laksanakan janji politik saat kampanye, lakukan perubahan buat masyarakat Jakarta, dan serap masukan anggota DPR, DPD dan yang penting setiap keputusan pembangunan yang ada di Jakarta demi menjaga stabilitas," ucap Tjahjo.

Ketua DPR Setya Novanto berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang baru dilantik, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, bisa melanjutkan program pimpinan DKI terdahulu, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

"Pertama, saya menyampaikan selamat kepada Saudara Anies dan Sandiaga. Tentu kita harapkan apa yang sudah dikerjakan Ahok dan Djarot ini sudah banyak berhasil. Kita harapkan bisa ditindaklanjuti oleh Saudara Anies dan Saudara Sandiaga," tutur Novanto.


Sederetan tokoh politik pun ikut menyampaikan harapan kepada Anies-Sandiaga. Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto berharap Anies dan Sandiaga menjalankan tugas dengan optimal saat menjabat Gubernur-Wagub DKI Jakarta. "Kami pesan beliau adalah gubernur untuk seluruh rakyat yang memilih beliau dan yang tidak memilih beliau," ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra berharap Anies-Sandi dapat membangun Jakarta menjadi kota yang lebih adil dan berpihak terhadap rakyat kecil.


Tokoh politik Rachmawati Soekarnoputri berharap agar Anies-Sandi bisa menepati janji-janji yang diutarakan saat kampanye. Keduanya diharapkan bisa mengatasi masalah klasik di Ibu Kota, yaitu macet.

Pesan senada juga disampaikan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Prasetio berharap Anies dan Sandiaga meneruskan
kebijakan-kebijakan positif Ahok dan Djarot.

"Sekarang kita lihat dari zamannya Jokowi, Pak Ahok, Pak Djarot, kita lihat pembangunan ada di mana-mana. Kita harus beri satu apresiasi pada Pak Ahok dan Djarot setelah dia selesai. Mudah-mudahan Pak Anies dan Pak Sandi meneruskan kebijakan-kebijakan positif keduanya," tutur eks Ketua Timses Ahok-Djarot ini.

Tak hanya tokoh politik, pengusaha Erwin Aksa pun turut menyampaikan harapan terhadap kepemimpinan Anies-Sandi 5 tahun ke depan. Kata dia, pemimpin baru Ibu Kota ini harus bisa memberikan kepastian kepada pelaku usaha hingga perbaikan transportasi.

"Kepastian usaha saya kira nomor satu yang diharapkan oleh para pengusaha. Kedua, kita harapkan adalah kenyamanan berwirausaha, ketiga adalah perbaikan transportasi. Yang penting juga kelayakan daripada perumahan dan tentunya lingkungan bagi masyarakat," papar Erwin.
(aan/jbr)
FOKUS BERITA: Pelantikan Anies-Sandi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed