DetikNews
Senin 16 Oktober 2017, 23:54 WIB

Khofifah Disarankan Cari Pasangan Ideal Hadapi Gus Ipul-Anas

Rois Jajeli - detikNews
Khofifah Disarankan Cari Pasangan Ideal Hadapi Gus Ipul-Anas Khofifah Indar Parawansa (Grandyos Zafna/detikcom)
Surabaya - Khofifah Indar Parawansa disarankan mencari pasangan ideal di Pilgub Jawa Timur. Pasangan Khofifah cukup menentukan untuk menghadapi duet bakal cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas.

"Dia (Gus Ipul) harus cari cawagub yang bisa diidealkan dengan dirinya. Misalnya, Gus Ipul cenderung kurang tegas, dia cari Pak Anas yang tegas. Gus Ipul yang politisi, istilahnya fleksibel. Dia cari Pak Anas yang birokrat seperti itu," ujar pengamat politik dari Universitas Brawijaya, Malang, Faza Dhora Naifular, dalam diskusi Pilgub Jatim, Senin (16/10/2017).

Khofifah, menurutnya, harus melakukan hal yang sama. Mencari pasangan yang seimbang, saling melengkapi.

"Bu Khofifah terkenal tegas, maka cari wakil yang dikenal masyarakat tidak terlalu tegas. Jadi ada plus-minusnya. Katanya, orang itu tumbu oleh tutup (bakul mendapatkan penutup) seperti itulah," ujarnya.

Pemilihan duet ini, sambung Dhora, bisa merujuk duet Soekarwo-Gus Ipul. Komposisi keduanya dinilai pas dari karakter, termasuk kompetensi.

"Memang sekarang timnya Bu Khofifah sedang diuji ini. Ini kira-kira siapa nih calon wakil gubernur yang cocok dan ideal yang bisa mengimbangi Gus Ipul-Anas," imbuhnya.

Salah pilih pasangan, disebut Dhora, berdampak pada raihan perolehan suara. Pasangan dalam pilgub juga menentukan tingkat keterpilihan (elektabilitas).

"Bu Khofifah ini kan elektabilitasnya sudah mentok. Otomatis trennya cenderung turun. Kalau wakilnya nggak tepat, ya sudah, seperti itu tidak akan bisa berkontribusi wakilnya. Kalau wakilnya tepat, maka akan bisa berkontribusi mendongkrak suara," jelasnya.

Menurut Dhora, cawagub yang pas mendampingi Khofifah di antaranya Bupati Trenggalek Emil Dardak, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, juga Kepala Inspektorat Pemprov Jatim Nurwiyatno.

"Siapa pun yang dicalonkan dan digandengkan dengan Bu Khofifah, dia harus misalnya bisa ditunjukkan prestasinya," sebut dia.
(roi/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed