DetikNews
Senin 16 Oktober 2017, 21:06 WIB

Pilgub Jatim 2018

Setelah Demokrat, Khofifah Ambil Formulir Pendaftaran ke PPP

Elza Astari Retaduari - detikNews
Setelah Demokrat, Khofifah Ambil Formulir Pendaftaran ke PPP Khofifah Indar Parawansa (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Setelah mendaftarkan diri sebagai bakal cagub Jatim ke Partai Demokrat, Khofifah Indar Parawansa kian rajin bergerilya. Hari ini Khofifah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal cagub Jatim ke PPP.

Pengambilan formulir dilakukan di DPP PPP, Jalan Tebet Barat IX No 17, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017). Khofifah mengutus timnya untuk mengambil formulir pendaftaran tersebut.

Tim utusan diterima Ketua DPP PPP Korwil Jawa Timur Iskandar Syaikhu didampingi dua Wasekjen Achmad Baidowi dan Gugus Joyo Waskito. PPP, yang diwakili Iskandar, menyampaikan rasa gembira dan terima kasih atas kedatangan utusan Khofifah.

"Kami mewakili DPP menerima perwakilan resmi dari Ibu Khofifah untuk mengambil formulir pilgub Jatim setelah ada komunikasi sebelumnya Ibu Khofifah dengan Ketua Umum PPP Romahurmuziy," kata Iskandar dalam keterangan resmi DPP PPP.


Menurut Iskandar, Jatim merupakan basis NU sehingga sudah waktunya Jatim dipimpin oleh tokoh NU. PPP pun, disebutnya, siap mengawal kader terbaik NU untuk menjadi Gubernur Jatim.

"Jatim itu kan 'rumah'-nya NU, jadi PPP siap mengawal dan menjadikan kader terbaik NU yang sudah terbukti kepemimpinannya. Insyaallah sudah tepat jika Bu Khofifah mau maju lewat PPP," ungkap Iskandar.

Setelah Demokrat, Khofifah Ambil Formulir Pendaftaran ke PPPKhofifah diwakili tim mengambil formulir di PPP. (Foto: dok. Istimewa)

Dia mengatakan Khofifah merupakan politikus yang lahir dan besar di PPP. Khofifah pernah menjadi anggota DPR RI termuda lewat PPP pada 1992. Sehingga, kata Iskandar, keluarga besar PPP sudah sangat kenal dan dekat dengan Ketum PP Muslimat NU itu.

"Bu Khofifah itu sudah seperti keluarga sendiri bagi kami (PPP). Jadi insyaallah tidak sulit bagi kami untuk membantunya jadi cagub Jatim dari PPP," jelas anggota DPR Dapil Jatim ini.


Setelah ini, PPP disebut Iskandar akan memutuskan siapa kandidat yang akan diusung sebagai bakal cagub Jatim dalam waktu dekat. Namun PPP masih menunggu petunjuk ulama dan aspirasi kader di Jatim.

"Untuk seluruh dokumen calon yang sudah mengambil formulir akan segera dibahas di rapimwil PPP Jatim. Dan hasilnya diserahkan ke DPP untuk ditetapkan siapa yang akan resmi diusung PPP sebagai cagub Jatim. Dan penetapan calon sepenuhnya adalah wewenang DPP," terang Iskandar.

Seperti diketahui, Khofifah juga telah mendaftarkan diri sebagai bakal cagub ke Partai Demokrat. Tak hanya itu, sejumlah partai sudah menyatakan dukungannya kepada Menteri Sosial tersebut.

Selain PPP, Khofifah sudah mendapat dukungan dari Partai NasDem dan Golkar. Baru kemarin, Minggu (15/10), Khofifah melakukan pertemuan dan konsolidasi dengan 300 kiai pendukungnya di Tebuireng, Jombang, terkait niatnya maju di Pilgub Jatim 2018.
(elz/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed