Anies Teken Dokumen Sertijab Gubernur DKI di Balai Kota

Mochammad Zhacky - detikNews
Senin, 16 Okt 2017 18:16 WIB
Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom
Jakarta - Anies Baswedan-Sandiaga Uno resmi aktif mengemban tugas sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta. Keduanya baru saja melakukan serah-terima jabatan dari Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah.

Acara sertijab di Balai Kota dihadiri pimpinan DPRD, yaitu M Taufik, Abraham Luggana, dan Ferrial Sofyan. Ada pula sejumlah tokoh, di antaranya Rachmawati Soekarnoputri, Erick Tohir, Nachrowi Ramli, dan Hidayat Nur Wahid.



Sertijab tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen serah-terima jabatan oleh Anies, Saefullah, dan Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono.

"Bahwa kita semua telah menyaksikan bahwa kami berdua telah melewati proses serah-terima jabatan. Insyaallah amanat ini akan kami jalankan sebaik-baiknya," kata Anies dalam sambutannya di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Undangan yang hadir menyambut penandatanganan sertijab tersebut dengan seruan takbir. Warga tampak antusias terhadap sertijab tersebut.

"Allahu Akbar," teriak warga.

Sertijab harus dilakukan oleh Saefullah karena mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memilih berlibur ke Labuan Bajo, NTT. Memang tidak ada kewajiban bagi Djarot untuk melakukan sertijab ke Anies-Sandi karena politikus PDIP itu tak lagi menjadi gubernur sejak kemarin.

Sebelumnya, Anies-Sandi resmi menjabat Gubernur-Wagub Jakarta setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara beberapa saat lalu. Keduanya dilantik berdasarkan Keppres No 86 Tahun 2017. (imk/imk)