DetikNews
Senin 16 Oktober 2017, 17:47 WIB

Polisi: Pengendali Sabu 30 Kg di Aceh Tahanan LP Tanjung Gusta

Ibnu Hariyanto - detikNews
Polisi: Pengendali Sabu 30 Kg di Aceh Tahanan LP Tanjung Gusta Foto: Brigjen Eko Daniyanto (Ahmad Ziaul Fitrahudin/detikcom)
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menangkap empat pria yang hendak menyelundupkan 30 kg sabu di perairan ujung laut, Selat Malaka, Peureulak, Aceh Timur. Sindikat sabu itu dikendalikan seorang tahanan di Lapas Tanjung Gusta, Medan.

"Tersangka Saiful selaku pengendali jaringan sindikat Penang Malaysia-Aceh Timur di Lapas Tanjung Gusta, Medan," kata Dirtipid Narkoba Bareskrim Brigjen Eko Daniyanto kepada wartawan di kantornya, Cawang, Jakarta Timur, Senin (16/10/2017).

Saiful merupakan narapidana narkotika yang ditangkap BNN atas kepemilikan 25 Kg sabu. Saiful saat ini masih menjalani persidangan sehingga belum bisa diamankan.

"Saat kita akan tangkap ternyata (Saiful) sedang sidang. Kita tidak boleh karena masih proses persidangan," tutur dia.

Eko menegaskan setelah proses persidangan selesai dan vonis, Saiful akan segera ditangkap. Eko juga mengamini penyataan Kepala BNN Komjen Budi Waseso soal masih banyak napi yang mengendalikan peredaran narkoba dari dalam lapas.

"Sebagaimana disampaikan Pak Buwas hampir 95 persen pengendalian ada di lapas itu betul sekali," tambah dia.


Sebelumnya, polisi menangkap empat pria B alias Udin, S, E alian Pen dan MS alias Saleh saat menyelundupkan 30 kilogram sabu ke Aceh melalui laut. B alias Udin ditembak di bagian kaki karena mencoba membuang barang bukti ke laut.

Pelaku ditangkap tim gabungan Bareskrim Polri, Bea-Cukai Belawan, dan Bea-Cukai Langsa. Tim yang dipimpin Kombes Gembong Yudha itu bergerak ke lokasi yang terletak sekitar 20 mil Ujong Kuala Peureulak, Aceh Timur, Aceh, dengan kapal patroli BC Belawan.


(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed