DetikNews
Senin 16 Oktober 2017, 11:10 WIB

Evaluasi Penanganan Korupsi, Jaksa Agung-KPK-Kapolri Rapat di DPR

Yulida Medistiara - detikNews
Evaluasi Penanganan Korupsi, Jaksa Agung-KPK-Kapolri Rapat di DPR Rapat KPK-Jaksa Agung-Kapolri di DPR. (Yulida/detikcom)
Jakarta - Hari ini Komisi III DPR menggelar rapat gabungan bersama KPK, Kejaksaan Agung, Polri, dan Kemenkum HAM. Rapat itu membahas evaluasi penanganan perkara korupsi dalam 15 tahun terakhir.

Rapat digelar pukul 10.15 WIB di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017). Rapat ini dipimpin Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa.

"Kenapa jadi penting rapat gabungan hari ini, yang pertama, 15 tahun UU KPK atau UU Tipikor dibentuk atas kondisi persoalan korupsi di Indonesia sangat parah," katanya membuka rapat.


Desmond mengatakan dalam 15 tahun ini diharapkan kasus korupsi menurun dengan adanya KPK. Saat itu, KPK dibentuk karena kejaksaan dan polisi belum dapat diharapkan.

Ia mengatakan evaluasi di Kemenkum HAM juga diperlukan mengenai terpidana korupsi. Rapat ini dihadiri Jaksa Agung Prasetyo; Ketua KPK Agus Rahardjo; pimpinan KPK, yakni Laode M Syarif, Basaria Pandjaitan, dan Saut Situmorang; serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian.


Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan Siap menjelaskan soal kinerja penanganan korupsi. Ia mengatakan saat ini indeks penanganan korupsi Indonesia telah meningkat dibanding pada 1999.

"Kita tunjukkan sebetulnya pemberantasan korupsi kita tidak jelek-jelek amat kita lihat hasilnya di ASEAN dulu kita paling bawah. Sekarang nggak juga kan. Kalau kita lihat tahun 1999, kita di bawah Vietnam, Thailand, Filipina," ujar Agus.
(yld/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed